Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Legenda Kaliwungu Wakil Pemkab Kudus di Parade Nusantara Jawa Tengah



Reporter:    /  @ 11:21:53  /  26 Agustus 2016

    Print       Email
kudus-iklan-disbudpar-parade nusantara-tyg jumat 26 agustus 2016 e

Karnaval Budaya Dandangan 2016 menjadi salah satu inspirasi bagi Disbudpar Kudus untuk menampilkan tim terbaik pada Parade Nusantara Jawa Tengah yang berlangsung di Magelang, Minggu (28/8/2016) malam. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus bakal berpartisipasi di even Parade Nusantara yang akan berlangsung di Magelang, Minggu (28/8/2016) malam nanti.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus yang didapuk untuk mengikuti even ini, sudah melakukan serangkaian persiapan untuk bisa tampil maksimal di even ini, yang digelar dalam rangka HUT Jawa Tengah tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Parwisata Disbudpar Kudus Yusi Sasepti mengatakan, tim dari Kabupaten Kudus akan menghadirkan sebuah kolaborasi apik, dengan tema khusus. ”Kita akan menampilkan tema mengenai legenda Kecamatan Kaliwungu di parade tersebut,” jelasnya.

Tim yang akan ikut sendiri, jumlahnya 40 orang. Mereka akan menampilkan perpaduan seni dan budaya, yang akan menggambarkan bagaimana cerita dari sebuah legenda dari Kecamatan Kaliwungu. Akan ada sendra tari, teatrikal, bahkan gending-gending khas Kudus akan ditampilkan di sana.

”Kita pilih menampilkan legenda Kaliwungu karena memang bisa memadukan banyak hal. Ada juga kaitannya dengan Kabupaten Kudus. Kita bisa menampilkan sesuatu yang epic dengan baik. Karena kolaborasinya banyak. Jadi satu tim itu merupakan satu rangkaian cerita yang tidak terpisahkan,” terang Yusi.

Anggota tim sendiri, menurut Yusi, dipilih dari perwakilan sekolah, penggiat seni dan budaya di Kudus, serta elemen-elemen lain yang turut melengkapi. Pencarian akan tim ini juga dilakukan pada saat ada even Dandangan beberapa waktu lalu.

”Saat even Dandangan kan, memang ada karnaval. Nah, dari sana kita lihat sekolah-sekolah atau perwakilan masyarakat mana yang menampilkan penampilan terbaik. Kita minta mereka untuk bergabung dalam tim ini, sehingga akan saling melengkapi satu sama lain. Tim juga sudah mengadakan persiapan dengan berlatih sebaik mungkin. Sehingga nantinya akan bisa tampil di even tersebut dengan baik, papar Yusi.

Yusi mengatakan, tim juga akan melengkapi diri dengan megah. Itu terlihat dari pakaian yang akan dikenakan mereka, yang juga menampilkan budaya namun dengan tema yang futuristik. ”Artinya, pakaian yang ditampilkan memang nanti pakaian yang luar biasa ya. Kita sudah siapkan pakaiannya. Pokoknya selayaknya parade yang megah, namun tetap menampilkan unsur budaya dan seninya dengan baik,” jelasnya.

Bahkan, Yusi mengatakan jika timnya nanti akan dilengkapi dengan konsep lighting yang juga dibuat secara khusus. Sehingga nantinya akan bisa menarik minat dari dewan juri yang menilai setiap tim. ”Soalnya kan, memang dinilai. Makanya kita akan tampil sebaik mungkin, sehingga bisa membawa nama Kudus menjadi yang terbaik di even tersebut,” tegasnya.

Menurut Yusi, kegiatan Parade Nusantara ini memang digelar di Magelang, sebagai puncak dari HUT Jawa Tengah. Di sana, akan tampil seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jateng, ditambah dengan beberapa perwakilan dari provinsi tetangga. Termasuk juga ada perwakilan dari beberapa negara tetangga.

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini, akan berjalan di sepanjang jalur yang sudah disediakan panitia. Mereka diminta menampilkan kesenian dan budaya tradisional masing-masing, untuk bisa memeriahkan malam di Magelang, yang akan dihadiri gubernur Jawa Tengah tersebut.

”Sehingga kita harus tampil sebaik mungkin. Kita akan sangat maksimal. Bukan sekadar untuk bisa meraih juara, namun juga bagaimana kita memperkenalkan budaya dan potensi Kudus ke ranah yang lebih luas lagi. Jadi, kita akan maksimal tampil, dan mohon doanya dari seluruh warga Kudus supaya juga bisa tampil sebaik mungkin di even ini,” imbuh Yusi.

Editor: Merie

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →