Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Murid SD di Bermi Pati Diajarkan Menanam Jeruk Pamelo



Reporter:    /  @ 21:47:05  /  25 Agustus 2016

    Print       Email
Murid SDN 03 Bermi, Gembong berfoto bersama sebelum menanam bibit jeruk pamelo di lingkungan sekolahnya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Murid SDN 03 Bermi, Gembong berfoto bersama sebelum menanam bibit jeruk pamelo di lingkungan sekolahnya. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sejumlah murid SDN Bermi 03, Kecamatan Gembong diajarkan menanam jeruk pamelo di lingkungan sekolahnya. Hal itu untuk mengenalkan siswa tentang pendidikan lingkungan berbasis kearifan lokal.

“Kecamatan Gembong sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil jeruk pamelo. Karena itu, siswa harus bisa mengembangkan budidaya jeruk pamelo agar bisa melakukan regenerasi terhadap kearifan lokal di Gembong,” ujar Muh Ghufron, mahasiswa Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) yang tengah kuliah kerja nyata (KKN) di Bermi, Kamis (25/8/2016).

Menurutnya, jeruk pamelo saat ini mulai dilirik sebagai produk unggulan Kabupaten Pati yang sudah dikenal di Indonesia. Jeruk asal Gembong memiliki cita rasa yang khas, lebih segar, manis, dan berisi ketimbang jeruk pamelo asal daerah lain.

Di satu sisi, pengenalan siswa terhadap penanaman jeruk pamelo menjadi cara untuk mencintai lingkungan yang hijau. Di sisi lain, upaya itu secara otomatis mengajarkan siswa di Gembong untuk menggali potensi sumber daya alam (SDA) lokal yang bernilai ekonomi tinggi.

Wahyu Adi Firmansyah, siswa kelas 5 SDN 03 Bermi mengaku senang diajari mahasiswa menanam bibit jeruk pamelo. Tanaman ini memang tidak asing bagi Wahyu, karena setiap hari melihat tanaman tersebut. Namun, pengalaman menanam jeruk pamelo diakui baru pertama kali dilakukan.

“Saya senang bisa menanam bibit jeruk pamelo bersama teman-teman dan kakak mahasiswa. Saya berharap agar kegiatan semacam ini terus dilakukan. Selain jeruk pamelo, kami juga diajarkan menanam kelapa, tanaman hias, sampai mangga,” ucap Wahyu.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →