Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Mahasiswa IPMAFA Kenalkan Pendidikan Lingkungan Anak di Desa Bermi Pati



Reporter:    /  @ 18:15:54  /  25 Agustus 2016

    Print       Email
 Sejumlah siswa diajak untuk menanam bibit pohon sebagai bentuk pengenalan cinta lingkungan sejak dini. (MuriaNewsCom/Lismanto)


Sejumlah siswa diajak untuk menanam bibit pohon sebagai bentuk pengenalan cinta lingkungan sejak dini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Mahasiswa yang tengah mengikuti kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Bermi, Kecamatan Gembong, Pati mengenalkan pendidikan lingkungan anak (PLA) di sejumlah sekolah dasar (SD). Program PLA dinilai penting dikenalkan anak-anak agar punya semangat cinta lingkungan sejak dini.

“Lingkungan adalah rumah bagi manusia, binatang, dan makhluk yang hidup di dalamnya. Kerusakan lingkungan juga akan mengancam keberlangsungan hidup manusia. Karena itu, pengenalan pendidikan lingkungan anak (PLA) sangat penting dilakukan sejak dini,” ujar Koordinator KKN Desa Bermi, Muh Ghufron, Kamis (25/8/2016).

Program itu kemudian disebut sebagai “Sahabat Green School”. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran program tersebut adalah SD Negeri Bermi 03 dan MI Manba’ul Ulum Bermi. Mereka diharapkan menjadi pioner untuk mengkampanyekan cinta lingkungan.

“PLA Sahabat Green School merupakan gerakan kecil untuk memberikan pemahaman sejak dini kepada generasi muda supaya mencintai kebersihan dan menjaga kelestarian alam. Melalui program ini, anak-anak diajak untuk bermain sekaligus belajar tentang pelestarian alam di lingkungan sekolah mereka,” tutur Ghufron.

Sejumlah slogan yang diajarkan kepada siswa, di antaranya Ayo Pungut Sampah, Galakkan Aksi Tanam, hingga Kreasikan Sampah. Tak sekadar ajakan untuk mencintai lingkungan, mereka juga dikenalkan bagaimana sampah atau limbah bisa dikreasikan menjadi produk.

Aksi tersebut mendapatkan sambutan positif dari Kepala SD Bermi 03 Ngusmin. Menurutnya, gerakan Sahabat Green School akan diadopsi di sekolahnya karena tidak sekadar bergerak di wilayah teori, tetapi juga praktik. Hal itu yang dinilai mengena dan disukai siswa.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →