Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Festival Dolanan Bocah Tempo Dulu Dimainkan di Wates Undaan Kudus



   /  @ 11:34:22  /  25 Agustus 2016

    Print       Email
wates

Warga beraksi dalam lomba budaya dolanan anak tempo dulu, di Desa Wates, Undaan, Kudus.

MuriaNewsCom, Kudus – Warga Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kudus, melestarikan budaya lokal, khususnya budaya dolanan anak tempo dulu. Itu dilakukan saat momen sedekah bumi 2016 ini. Panitia mencanangkan tema Mematri Budhoyo, Memayu Rahayuning Bawono.

Acara yang diselenggarakan mulai Rabu (24/08/16) hingga Ahad (28/08/16) ini dimulai dengan lomba bekelan yang diikuti oleh remaja putri perwakilan RT se-desa.  Kemudian malamnya dilanjutkan lomba aransemen lagu daerah dengan lagu wajib Sluku-Sluku Bathok. Kemudian Kamis (25/8/2016) malamnya lomba dongeng Bahasa Jawa dan Jumat (26/8/2016) sore lomba estafet egrang.

Selain festival dolanan bocah ndeso, sedekah bumi kali ini juga mengadakan lomba masak tradisional dengan mengangkat menu utama ontong  (jantung pisang). Selama sepekan ini warga Wates juga menyelenggarakan pameran produk lokal untuk mengangkat destinasi ekonomi kreatif warga.

Sepekan gelar budaya ini juga didukung penuh oleh semangat dari Karang Taruna Tunas Jaya yang telah mengkoordinasi serangkaian festival dolanan bocah ndeso dan festival band pemuda pada Jumat (26/08/16).

Rekan Abud selaku Ketua Karang Taruna Tunas Jaya Wates (Kartun Jawa) menyampaikan bahwa Wates itu memiliki pemuda yang kreatif serta didukung pemerintah desanya.

“Pemudane kreatif, pemerintahe mikerno, wargane guyub, kiaine ngrestuni. Inilah kunci membangun budaya luhur dan juga suksesnya acara sepekan gelar budaya ini,” katanya.

Dia juga mempersilakan warga Kudus berkunjung ke Desa Wates. Termasuk, nantinya akan ada pementasan Teater Bintang Sembilan yang dibina langsung oleh Karang Taruna selaku wadah kreasi pemuda setempat.

Teater Bintang Sembilan akan mementaskan lakon Brandal Lokajaya, yang sukses dalam pementasan halalbihalal, Juli kemarin.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →