Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Begini Persiapan Akhir Kontingen Kesenian Grobogan yang Bakal Tampil dalam Parade Seni Jateng



Reporter:    /  @ 20:53:40  /  24 Agustus 2016

    Print       Email
Kontingen kesenian Grobogan sedang melangsungkan gladi bersih untuk persiapan mengikuti acara Parade Seni Jateng di Magelang (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kontingen kesenian Grobogan sedang melangsungkan gladi bersih untuk persiapan mengikuti acara Parade Seni Jateng di Magelang (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Setelah melakukan serangkaian latihan keras, para penari tarian gapit merasa siap tampil dalam event Parade Seni Jawa Tengah yang dilangsungkan di Kabupaten Magelang, Minggu (28/8/2016) mendatang. Hal itu dilontarkan para penari saat mengikuti latihan terakhir hari ini di halaman Setda Grobogan.

“Kita sudah mempersiapkan diri cukup lama dan saat ini sudah siap tampil menjadi duta Grobogan dalam ajang parade seni.  Kita berharap, tarian ini nanti bisa dapat juara dalam ajang Parade Seni,” ungkap Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto, Rabu (24/8/2016).

Menurut Marwoto, event parade seni ini digelar dalam rangka HUT Jawa Tengah dan semua daerah wajib ikut serta. Parade seni kali ini merupakan penyelenggaran kedua kalinya. Pada ajang pertama tahun lalu dilangsungkan di Purwokerto. Kontingen Grobogan juga ikut ambil bagian.

Dijelaskan, dalam event kedua ini, pihaknya akan menampilkan suguhan tari gapit. Adapun latar belakang menggarap tarian ini didasari dari kelicahan para pembuat kue semprong khas Grobogan dengan menggunakan alat cetak yang dinamakan gapit atau capit.

Jumlah kontingen kesenian Grobogan nantinya sebanyak 78 orang. Selain penari sebanyak 40 orang, ada pula pengiring, perias dan kru pendukung lainnya. Dalam event nanti, setiap kontingen hanya diberi kesempatan tampil maksimal hanya tiga menit.

Marwoto berharap, dalam parade seni di Magelang nanti bisa meraih prestasi yang lebih baik dari pelaksanaan sebelumnya. Pada waktu pentas di Purwokerto, kontingen Grobogan yang menyuguhkan tari plinteng atau ketapel berhasil jadi juara keempat.

Sementara itu, pelaksanaan gladi bersih sore tadi berlangsung lancar. Para penari terlihat sudah bisa memainkan seluruh gerakan dengan baik. Termasuk penggunaan alat pendukung berupa gapit dan tongkat bendera yang dibawakan penari pria.Secara keseluruhan, durasi tari gapit ini hanya berkisar dua menit saja.

Editor : Kholistiono

 

 

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

bupati pati e

Baliho Bakal Calon Bupati Pati Terpasang di Pohon Pakai Paku di Kudus

Selengkapnya →