MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh…Ada Kelompok Tani di Rembang yang Dapat Bantuan Alsintan Malah Dijual

1.287
 Alat pertanian yang akan diberikan kepada kelompok tani (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

Alat pertanian yang akan diberikan kepada kelompok tani (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Rembang – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Rembang mendapat belasan laporan terkait hilangnya alat mesin pertanian (Alsintan) milik kelompok tani yang berasal dari bantuan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Kasi Usaha Tanaman Pangan dan Holtikultura pada Dintanhut Rembang Ika H. Affandi mengatakan, hingga Juli 2016 ini, pihaknya sudah mendapatkan 11 laporan terkait hilangnya Alsintan bantuan tersebut. “Setelah ada laporan seperti itu, tentunya kita langsung kroscek ke lapangan secara langsung. Dalam hal in, kami juga melibatkan pihak kepolisian atau pihak terkait,” ungkapnya.

Menurutnya, banyaknya alat mesin pertanian yang hilang  tersebut, karena salah satunya kecerobohan dari petani sendiri, yakni, alat tersebut tidak dibawa pulang usai digunakan di sawah. “Biasanya yang hilang itu mesinnya, kalau kerangkanya masih utuh,” katanya.

Bukan hanya hilang dicuri orang, bahkan, ada pula alat mesin pertanian yang berasal dari bantuan pemerintah itu sengaja dijual oleh kelompok tani. “Kita juga pernah mengurus penyalahgunaan alat tani oleh kelompok tertentu. Yakni pertanian tersebut dijual oleh kelompok tertentu. Setelah itu, kelompok tani tersebut kita suruh untuk menggantinya sesuai dengan alat bantuan itu, baik merek maupun tipenya,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.