Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Masyarakat Diminta Kawal Proses Seleksi Panwascam



   /  @ 04:00:31  /  1 Juli 2016

    Print       Email
Peserta mengikuti tes tertulis dalam seleksi Panwascam (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Peserta mengikuti tes tertulis dalam seleksi Panwascam (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jepara mengklaim proses seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilbup Jepara berjalan fair dan sesuai ketentuan. Berbagai elemen masyarakat diharapkan tetap mengawal proses seleksi hingga terpilih tiga anggota panwas di tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara.

Tes seleksi tertulis Panwascam di Jepara resmi digelar kemarin (30/6/2016) di Aula SMA 1 Jepara. Sebanyak 139 dari 162 peserta yang sebelumnya dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikuti tes tertulis yang dipantau oleh Tim Bawaslu Provinsi Jateng. Selain itu, turut memantau jalannya tes Asisten Pemerintahan Sekda Jepara Ahmad Junaidi dan Kasubag Pemerintahan Umum Tri Jatmiko.

Perwakilan Bawaslu Jateng Setyo Pramudi mengatakan, pihaknya menjamin kerahasiaan naskah soal dan kunci jawaban. Sebab kedua hal itu dibawanya langsung dari Bawaslu Jateng dalam kondisi tersegel. Naskah soal dan kunci jawaban itu selalu dalam pantauannya hingga pelaksanaan tes tertulis. Dua orang perwakilan peserta juga diminta menyaksikan saat serah terima soal dan kunci jawaban dari Bawaslu ke Panwas Pilkada Jepara.”Saya juga tak tahu soal maupun jawabannya seperti apa, jadi tak perlu ragu kita jamin tes ini fair,” kata Setyo Pramudi.

Setyo berharap nantinya akan terpilih nama-nama calon Panwascam yang memiliki integritas dan kualitas. Menurutnya peran Panwascam sangat vital karena ada sejumlah tahapan penting terkait pilkada yang basisnya dilaksanakan di kecamatan, seperti rekapitulasi perolehan suara paslon.”Karena peserta tes banyak maka lebih kompetitif, jadi saya yakin Panwascam yang terpilih berkualitas dan berintegritas,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwas Pilkada Jepara Arifin mengatakan, pengumuman nama-nama yang lolos seleksi tes tertulis akan diumumkan Sabtu (2/7/2016) mendatang. Tiap kecamatan hanya akan dipilih enam nama saja yang berhak mengikuti tes wawancara kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).”Masukan dan catatan dari masyarakat terkait rekam jejak calon panwascam tetap kami buka. Mari kita sama-sama kawal proses seleksi ini,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →