MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemkab Pati Kucurkan Dana Rp 1,3 Miliar untuk Bangun Tempat Ibadah

126
Bupati Pati Haryanto memberi pengarahan kepada perwakilan desa yang menerima bantuan untuk pembangunan tempat ibadah di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (29/6/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)
Bupati Pati Haryanto memberi pengarahan kepada perwakilan desa yang menerima bantuan untuk pembangunan tempat ibadah di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (29/6/2016). (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati memberikan bantuan senilai Rp 1,3 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana sebanyak 115 tempat ibadah yang tersebar di 87 desa di Pati. Bantuan keuangan yang tertuang dalam SK Bupati Pati Nomor 400/ 1297 Tahun 2016 tersebut bersumber dari APBD Pati 2016.

Masing-masing tempat ibadah mendapatkan bantuan, antara Rp 7,5 juta sampai Rp 15 juta. Dana tersebut dikucurkan untuk 52 masjid, 56 musala, 6 gereja, dan satu vihara.

Sebelum mendapatkan bantuan, masing-masing tempat ibadah dilakukan verifikasi lapangan. Hasil verifikasi kemudian menentukan jumlah besar kecilnya bantuan yang akan dikucurkan.

“Bantuan pembangunan tempat ibadah ini merupakan upaya Pemkab Pati untuk meningkatkan pemberdayaan lembaga keagamaan dan toleransi antarumat beragama. Ini adalah wujud perhatian Pemkab Pati pada masyarakat dalam beribadah. Kalau sarana dan prasarana tempat ibadahnya nyaman dan bersih, ibadahnya juga menjadi lebih khusyuk,” ujar Bupati Pati Haryanto, saat memberikan pengarahan kepada penerima bantuan di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (29/6/2016).

Bupati mengingatkan agar kades dan panitia pembangunan yang hadir dalam pengarahan tersebut bisa memperhatikan dan menaati mekanisme pemberian bantuan. Meski bantuan tersebut bukan berasal dari anggaran hibah, tapi ia mewanti-wanti kepada panitia untuk tetap mempertanggungjawabkan penggunaan bantuan sesuai dengan aturan.

“Mekanismenya memang berbeda dengan tahun lalu di mana pemberiannya melalui hibah. Namun, sekarang sesuai aturan pusat, hibah harus diberikan kepada lembaga berbadan hukum, sedangkan tempat ibadah masih sangat jarang yang berbadan hukum. Karena itu, pemberian bantuan mulai tahun ini melalui pemerintah desa, sehingga tidak menyalahi aturan yang ada,” ucap Bupati.

Bupati juga mengingatkan para panitia pembangunan untuk selalu berkoordinasi dengan kepala desa. Pasalnya, bantuan tersebut disalurkan melalui rekening pemerintah desa supaya syarat administrasi bisa tercukupi. Dengan begitu, dana bantuan bisa segera direalisasikan Bagian Kesra Setda Pati.

Editor : Akrom Hazami

 

 

United Futsal Pc

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.