Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Mantap, Dapat Dana dari Mabes TNI, Kodim Purwodadi Bikin Unit Pengolahan Pupuk



Reporter:    /  @ 21:30:41  /  29 Juni 2016

    Print       Email
Dandim 0717 Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning dan anggota sedang melihat lokasi yang diakan digunakan untuk UPPO. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Dandim 0717 Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning dan anggota sedang melihat lokasi yang diakan digunakan untuk UPPO. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Kodim 0717 Purwodadi dalam waktu dekat akan menggelola usaha baru, yakni unit pengolahan pupuk organik (UPPO). Lokasinya, berada di bekas markas Bataliyon 410 di Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan.

Dandim 0717 Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning mengungkapkan, pembuatan UPPO ini dananya berasal dari Mabes TNI, senilai Rp 275 juta. Sedianya, bangunan untuk UPPO dijadwalkan sudah rampung akhir Juni ini. Tetapi, rencananya mundur hingga pertengahan Juli karena dana tersebut baru cair.

Dijelaskan, di lokasi tersebut nantinya akan digunakan untuk peternakan sapi. Selanjutnya, kotoran sapi yang dipelihara bakal diolah jadi pupuk kompos.

Dalam komplek itu nantinya, ada pula bangunan gudang untuk mengolah kompos dan menampung pupuk organik yang sudah jadi.

“Selain itu, kita rencanakan dalam lahan ini ada kolam lele dan tempat penggilingan padi. Kemudian ada lahan yang akan dimanfaatkan untuk agribisnis. Dengan demikian, tempat ini nantinya bisa dijadikan sarana untuk belajar soal pertanian,” katanya.

Dandim menegaskan, semua upaya yang ada di lahan tersebut diharapkan bisa mendatangkan manfaat. Seperti kotoran ternak sapi bisa dibikin pupuk. Kemudian, kolam lele nantinya bisa dimanfaatkan jadi biogas.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →