Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Petani dan Pejabat NTT Belajar Budi Daya Kedelai ke Grobogan



   /  @ 19:00:43  /  29 Juni 2016

    Print       Email
pertanian

Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Edhie Sudaryanto (kaca mata) sedang menyampaikan pembekalan budidaya kedelai pada rombongan dari NTT. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan – Pengembangan tanaman kedelai lokal yang dilakukan Dinas Pertanian TPH Grobogan dalam beberapa tahun terakhir ternyata mengundang minat petani di sejumlah daerah.

Tidak hanya daerah sekitar, ada pula petani dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang belum lama ini menyempatkan berguru soal kedelai di Grobogan.

“Petani NTT yang datang kesini berasal dari Kabupaten Sumba Tengah. Kedatangan mereka ini didampingi Kabid Kelembagaan dan Pengembangan Lahan Dinas Pertanian Sumba Tengah, Bapak Simor B Luji. Selain petani dan ketua kelompok tani, dalam rombongan itu juga terdapat kepala desa dan camat. Total rombongan berjumlah 30 orang,” ungkap Kepala Dinas Pertanian TPH Grobogan Edhie Sudaryanto.

Menurut Edhie, kedatangan rombongan dari wilayah Indonesia timur itu bertujuan untuk belajar tentang budi daya kedelai lokal. Selain itu, mereka juga belajar cara pengolahan kedelai menjadi beberapa produk makanan dan minuman. Seperti susu kedelai, tempe, tahu, dan aneka makanan ringan dari bahan kedelai.

Rombongan ini melakukan studi banding selama dua hari yang ditempatkan di Rumah Kedelai Grobogan (RKG) di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh. Selama berada di RKG, mereka mendapat bimbingan dan mempelajari budi daya kedelai lokal. Rombongan ini bisa melihat proses produksi tempa higienis dan beragam makanan ringan dari bahan kedelai.

“Selama berada di sini, kita bantu semaksimal mungkin apa yang dibutuhkan tamu kita dari NTT ini. Terus terang, saya merasa kaget sekaligus bangga ada rombongan petani dari jauh yang memilih Grobogan sebagai lokasi belajar budi daya kedelai. Harapan saya, apa yang didapat dari sini bisa secepatnya diaplikasikan di NTT khususnya di Sumba Tengah,” cetus Edhie.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →