Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

BPJS Kesehatan Permudah Pelayanan Bagi Pemudik



Reporter:    /  @ 11:10:07  /  29 Juni 2016

    Print       Email
Konferensi pers yang dilakukan BPJS Kesehatan terkait pelayanan kemudahan bagi pemudik (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Konferensi pers yang dilakukan BPJS Kesehatan terkait pelayanan kemudahan bagi pemudik (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjamin pelayanan kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, dan Kartu Jamkesmas.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agus Purwono mengatakan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat. Peserta kesehatan dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat selama mudik berlaku sejak H-7 sampai H+7 lebaran.

“Ini merupakan program nasional, jadi jika pemegang kartu dalam kondisi emergensi maupun non emergensi masih tetap dapat dilayani. Yakni dengan langsung datang ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya, Rabu (29/6/2016).

Ia katakan, fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya peserta yang sedang sakit saat mudik. Peserta, menurutunya cukup hanya memperlihatkan kartu aktif. Kartu tersebut, nantinya digunakan untuk mengecek kepesertaan. Jika kartu masih aktif, maka pelayanan akan didapatkan oleh peserta BPJS tanpa terkecuali.”Tema kami adalah “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan.”Jadi harus tetap dilayani,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, sebenarnya hanya menggunakan KTP bisa, tapi KTP baru dapat digunakan jika memang kartu JKN – KIS tidak dibawa karena suatu hal. Sebab,proses akan lebih lama, dikarenakan pihak rumah sakit harus mengacak lagi nomor KTP pada link BPJS Kesehatan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →