Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Rumah Tahanan Kudus Disulap jadi Pondok Pesantren Selama Ramadan



Reporter:    /  @ 18:00:46  /  28 Juni 2016

    Print       Email
Jpeg

Tadarus Alquran dilakukan narapidana dan tahanan di Pesantren Ramadan di Rutan Kelas IIB Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Sebanyak 142 orang tahanan dan narapidana Rutan Kelas IIB Kudus menggelar pesantren Ramadan, sebulan penuh.

Kepala Rutan Kelas II B Kudus Masjuno melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Beny mengatakan, kegiatan ini dimulai dari awal Ramadan hingga menjelang Lebaran nanti. Dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga menjelang berbuka puasa.

Adapun kegiatan itu ialah mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB merupakan Baca Tulis Alquran (BTA), pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB pendidikan rohani, pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB tadarus Alquran, pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB istirahat.

Kegiatan berlanjut pukul13.00 WIB hingga 14.45 WIB tadarus Alquran, pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB Salat Asar dan membaca selawat. Setelah itu, masuk ke sel dan menunggu buka puasa.

Diketahui, untuk kegiatan tadarus Alquran, pihak rutan telah memilih napi atau tahanan yang mahir. Sebab tadarus tersebut langsung disuarakan melalui pengeras suara di masjid rutan.

Tadarus dibagi dua sif. Yakni siang dan malam. Bagi sif siang, diikuti 15 orang dan sif malam ada10 orang. Sedangkan peserta BTA ada 101 orang.

Pihak rutan juga memantau kefasihan, Tajwid dan kelancaran mereka membaca Alquran.

Peserta BTA diseleksi. Karena hanya napi atau tahanan yang kurang bisa memahami Alquran yang boleh ikut.

Pesantren Ramadan dibimbing oleh mahasiswa  STAIN maupun dari instansi pemerintah lainnya.

Sementara itu, untuk pendidikan kerohanian, para napi atau tahanan diikutsertakan semua. Sebab pendidikan kerohanian ini dinilai penting untuk bisa membangun jiwa dan mentalnya sesuai dengan ajaran agama yang ada.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Merangkak Naik, Harga Beras di Kudus Tembus Rp 11.500 per Kilogram

Selengkapnya →