Loading...
You are here:  Home  >  Info Metro  >  Info Polda  >  Artikel ini

Polres Pati Siapkan Operasi Ramadniya Candi untuk Amankan Lebaran



Reporter:    /  @ 11:10:08  /  27 Juni 2016

    Print       Email
ramadania e

Kendaraan milik jajaran Polres Pati tengah diperiksa sebelum nantinya digunakan untuk pengamanan Lebaran (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Jajaran Polres Pati sudah menyiapkan Operasi Ramadniya Candi untuk mengamankan Lebaran yang kurang beberapa hari lagi. Ada empat sasaran utama yang menjadi target dalam Ops Ramadniya.

Keempat sasaran tersebut, yakni manusia, barang atau benda, lokasi, dan kegiatan. “Untuk orang, kami siap mengamankan pemudik yang melintas di Pati, termasuk sopir dan pengusaha transportasi umum. Pengamanan juga dilakukan untuk masyarakat yang belanja, wisata, takbiran, dan merayakan Lebaran,” ujar Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo, Senin (27/6/2016).

Tak hanya itu, polisi juga mengerahkan pasukan untuk mengantisipasi adanya pelaku kriminal seperti copet, pengedar uang palsu, miras, narkoba, hingga geng atau premanisme. Hal itu diharapkan agar warga Pati bisa merayakan Lebaran dengan aman.

Barang yang akan diamankan, antara lain kendaraan pribadi atau umum untuk mudik yang melintas di Pati, petasan, miras dan narkoba, makanan dan minuman kedaluwarsa, barang hasil kejahatan, senjata tajam, senjata api, serta bahan peledak.

Adapun sejumlah tempat yang menjadi target operasi, di antaranya jalur takbir keliling, masjid dan musala, pusat keramaian seperti hiburan, wisata, toko dan perbelanjaan, pusat konsentrasi transportasi, hingga daerah rawan macet dan rawan laka.

“Kami juga akan mengamankan kegiatan warga yang melaksanakan salat Idul Fitri, belanja untuk keperluan Lebaran, takbir keliling, pembagian zakat fitri, ziarah kubur, mudik dan balik, rekreasi di berbagai tempat wisata, sampai halal bihalal,” kata Wibowo.

Ia menambahkan, tahun ini sandi operasi yang diganti menjadi Ops Ramadniya Candi dari tahun lalu dengan sandi Ops Ketupat Candi. Kendati begitu, tugasnya diakui sama, yaitu mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, sehingga bisa menyelenggaran Hari raya Idul Fitri dengan aman dan nyaman.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →