Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Agar Tangkapan Bagus, Nelayan Jepara Diminta Kumpulkan Daun Kelapa



   /  @ 15:55:19  /  25 Juni 2016

    Print       Email
jepara-nelayan (e)

Kapal nelayan bersandar di perairan Jepara. Nelayan mengeluhkan makin rusakya terumbu karang di perairan, yang mengakibatkan tangkapan menurun. MuriaNewsCom (Wahyu KZ)

 

MuriaNewsCom, Jepara – Hasil tangkapan nelayan Jepara yang menurun akhir-akhir ini karena cuaca yang tidak menentu, memang harus diantisipasi. Ada cara yang bisa ditempuh nelayan untuk mengatasi hal itu.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara Sudiyatno menyatakan, untuk hasil tangkapan Juni ini yang dikatakan menurun, pihaknya belum memiliki data.

”Hanya saja, untuk tangkapan April-Mei sebenarnya justru mengalami peningkatan. Misalnya di April mencapai 320 ton, kemudian Mei naik sedikit menjadi 336 ton,” katanya, Sabtu (25/6/2016).

Sudiyatno menilai wajar jika hasil tangkapan selama cuaca buruk mengalami penurunan. Tapi secara data, pihaknya menunggu hingga akhir bulan, untuk bisa mengetahui jumlah tangkapan sepanjang Juni ini. ”Apakah menurun atau tidak,” jelasnya.

Menurutnya, memang benar jika saat ini kondisi terumbu karang di perairan Jepara tak baik. Tapi agar hasil tangkapan bagus, nelayan Jepara berinisiatif membuat rumpon buatan secara tradisional, menggunakan daun kelapa.

”Nanti beberapa minggu sekiranya sudah dihuni ikan, nelayan baru mendatangai kembali. Daun kelapa ditenggelamkan di tengah laut,” katanya.

Sebagaimana dikatakan salah satu nelayan, Handiarto, saat ini tangkapan ikan memang sedang tidak bagus. Di luar faktor cuaca, dia huja rusak dan minimnya terumbu karang (rumpon) sebagai rumah ikan di perairan laut utara Jawa Tengah, mulai dari Jepara hingga Batang, menyebabkan jumlah tangkapan mengalami penurunan.

”Kondisi tersebut akan berbeda jika rumpon masih dalam kondisi baik. Sebab saat cuaca buruk seperti ini, ikan masih bisa berlindung,” imbuhnya.

Editor: Merie

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kapolres Kudus: Jadi Polisi Bukan untuk Gagah-gagahan

Selengkapnya →