Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Duh, Nelayan Pusing Tangkapan Ikan Menurun



   /  @ 13:50:03  /  25 Juni 2016

    Print       Email
jepara-nelayan (baru)

Deretan kapal tampak bersandar di Pelabuhan Jepara. Saat ini, nelayan sedang kesulitan karena tangkapan menurun akibat cuaca yang tidak menentu. MuriaNewsCom (Wahyu KZ)

 

 

MuriaNewsCom, Jepara – Nelayan di Kabupaten Jepara, merasa pusing dengan kondisi tangkapan ikannya yang menurun belakangan ini. Salah satunya dikarenakan cuaca yang tidak menentu.

Meskipun saat ini sudah berada pada musim kemarau, namun hujan masih kerap turun di wilayah Kabupaten Jepara. Cuaca yang ada cenderung tak menentu, membuat kondisi gelombang laut juga tidak bersahabat bagi nelayan.

Selain karena gelombang yang cukup tinggi sehingga menyulitkan aktivitas nelayan saat melaut, kondisi angin dan arus laut yang tak searah menjadikan nelayan kesulitan menebar jaring. Antara arus permukaan, tengah, dan bawah yang berbeda membuat posisi jaring tidak baik.

Hal itu seperti yang dikatakan salah seorang nelayan mini pursin, yang merupakan warga Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara Kota, Dwi Handiarto. Menurutnya, bulan ini menjadi musim paceklik bagi nelayan Jepara.

Khususnya bagi nelayan mini pursin. Pasalnya, cuaca buruk sejak awal bulan menjadikan tangkapan ikan menurun drastis. Namun di sisi lain, harga jual ikan masih tetap.

”Ikan jadinya tidak bisa kita angkat. Kondisi ini sudah terjadi sejak awal Juni kemarin. Sejak saat itu sudah terasa penurunannya,” ujar Handiarto saat ditemui di Pelabuhan Jepara, Sabtu (25/6/2016).

Menurutnya,  dalam sekali melaut, saat ini ia hanya mendapatkan ikan dalam hitungan kwintal. Padahal saat cuaca normal, bisa memeroleh ikan hingga dua ton dalam sekali melaut. Ia mengaku hasil dari penjualan ikan pun hanya bisa untuk menutup biaya solar. Sebab harga jual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) masih sama.

Editor: Merie

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →