Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Produsen Jenang Naikkan Harga Jual Produk



Reporter:    /  @ 04:00:56  /  25 Juni 2016

    Print       Email
Aktivitas di salah satu tempat usaha jenang (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Aktivitas di salah satu tempat usaha jenang (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Harga bahan baku jenang di pasaran semakin tidak terkontrol. Mulai harga tepung, gula Jawa maupun kelapa, harganya semakin merangkak naik. Menyikapi hal itu, produsen jenang juga ikut menaikkan harga jual produk.

Seperti halnya Jenang Aliya Kaliputu, Kudus.Harga jual produk jenang di sana mulai naik sejak Ramadan ini. Hal itu menyesuaikan dengan harga bahan baku di pasaran yang harganya juga melambung tinggi. “Untuk kenaikan harga yaitu Rp 3 ribu untuk satu bungkus. Jadi yang biasanya Rp 24 ribu, menjadi Rp 27 ribu. Kenaikan ini, semata-mata menyesuaikan harga bahan baku yang terus meninggi,” kata Ali Marzuki, Pemilik Jenang Aliya saat ditemui MuriaNewsCom.

Menurutnya, untuk bahan baku seperti gula dan kelapa mengalami harga yang tinggi. Untuk gula saja misalnya, satu karung berisi 50 kilogram, dia membeli seharga Rp 750 ribu, padahal sebelumya hanya Rp 700 ribu.

Sedangkan untuk kelapa, saat ini harganya mencapai Rp 165 ribu  untuk 10 kilogram, atau per buah Rp 6 ribu. Padahal biasanya, satu buah harganya cuma Rp 3 sampai Rp 4 ribu saja.”Kelapa kami datangkan dari Purworejo dan Karimunjawa. Selama ini, dari daerah tersebut yang paling banyak menyuplai kebutuhan kami selama ini,” ujarnya.

Sementara untuk bahan bakar, dia tidak menggunakan gas elpiji, melainkan memanfaatkan limbah kayu dari mebel Jepara. Itupun harganya juga naik belakangan ini dibandingkan sebelumnya.”Kalau sekarang satu truk Rp 700 ribu, padahal sebelumnya Rp 600 ribu dapat. Hal itu juga yang kemudian menjadi pertimbangan menaikkan harga,” imbuhnya.

Dia mengaku, saat ini permintaan pesanan naik, khususnya dari luar Jawa. Jika hari biasa hanya memproduksi 90 kilogram per hari, maka saat ini bisa mencapai 500 kilogram dalam sehari. “Pesanan Alhamdulilah banyak, khususnya dari luar Jawa yang memang ada agen. Mereka minta tambah terus,” jelasnya.

 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →