Jumat, 29 Maret 2024

As Wedang Akan Wakili Kudus di Liga Nusantara Futsal 2016  

Murianews
Jumat, 24 Juni 2016 13:15:34
Murianews, Kudus -  Salah satu klub futsal Kudus, AS Wedang, akan mewakili daerah setempat di ajang Liga Nusantara (Linus) Futsal 2016 Jateng.

Keikutsertaan Kudus dalam kompetisi tersebut merupakan kali kedua. Tahun sebelumnya, Putera Gebog mencicipi lebih dulu kompetisi resmi dari Badan Futsal Jawa Tengah itu.

Dari kompetisi itu, juaranya akan mewakili Jawa Tengah untuk melaju ke tingkal nasional. Karena itulah, AS Wedang mematangkan diri menyongsong ajang bergengsi tersebut.

Pembina AS Wedang CaturAnggoro Priyo mengatakan, ada beberapa persiapan yang sedang dilakukan. Di antaranya adalah mengundang pemain dari klub yang pernah berlaga di even United Futsal Community.

“Mengundang juga pemain binaan yang telah beberapa kali diujicoba di berbagai even futsal di luar kota,” katanya kepada MuriaNewsCom, Jumat (24/6/2016).

Pihaknya akan segera melakukan penyeleksian pemain. Dalam seleksi, akan dibagi menjadi empat sesi.

Persiapan lainnya adalah, melakukan lobi kerja sama dengan pihak terkait. Di antaranya ke Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK), Askab PSSI Kudus, serta KONI. Tujuannya agar mereka memberikan dukungan.

Pihaknya juga merangkuli swasta guna keperluan sponshorship klub. Satu di antaranya adalah PR Sukun.

Sekilas tentang AS Wedang. Nama klub merupakan kepanjangan dari Asosiasi Sepakbola Waton Nendang. Berdirinya klub diprakarsai oleh pendiri, D K Hendratmanto, atau akrab disapa Mas Anton.

Klub berdiri sekitar 2004 silam. Semula, klub didirikan untuk mewadahi minat para wartawan untuk bermain futsal. Di tahunnya yang ke 12 tahun, AS Wedang mulai memperluas ruang geraknya. Termasuk, pemainnya tidak hanya berisikan wartawan.

Sebagai orang yang dipercaya, Catur mencoba melakukan perekrutan pemain baru. Atau generasi ketiga di luar wartawan.

Awalnya, Catur mengajak pemain eks Puma (Putra Mlati). Antara lain Roni Listiyono (Boni), Rochmansyah Setiawan (Tolang), dan lainnya. Baru pada 2010, klub mencoba olahraga futsal, yang saat itu baru di Kudus.

Kali pertama, AS Wedang meraih prestasi. Yaitu menyabet peringkat dua di kejuaraan futsal BMJ di Malang Jawa Timur mewakili PR Sukun. Berangkat dari hal itulah, klub mulai fokus pada futsal.

Pendiri klub membina pemain dan anggota AS Wedang sebagai even organizer, serta membentuk wasit futsal binaan. Selama 5 tahun AS Wedang sebagai even organizer di United Futsal, telah banyak even yang digelar. Di antaranya Press Futsal Tounament, United Futsal Community Cup, dan United Futsal Community League, yang akhirnya menjadi barometer kejuaraan futsal di Kota Kudus.

Editor : Akrom Hazami

 

Baca Juga

Komentar