Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Waduh, Bus Ini Ngawur Ambil Trayek ke Jepara



   /  @ 04:00:23  /  24 Juni 2016

    Print       Email
Pemeriksaan bus oleh petugas Satlantas dan Dishubkominfo di Terminal Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Pemeriksaan bus oleh petugas Satlantas dan Dishubkominfo di Terminal Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 MuriaNewsCom, Jepara – Tak hanya banyak ditemukan bus yang tak laik jalan di Kabupaten Jepara, tetapi juga ditemukan bus yang salah trayek dalam razia yang digelar petugas gabungan Satlantas Polres Jepara dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Jepara, Kamis (23/6/2016). Bus yang tak sesuai trayek tersebut diamankan pihak aparat.

“Kami menemukan beberapa bus antarkota antarprovinsi (AKAP) tak laik jalan. Selain itu, juga ditemukan bus tak sesuai dengan trayek aslinya,” ujar Kabid Perhubungan Darat Dishubkominfo Kabupaten Jepara Setyo Adhi disela-sela razia di terminal Jepara.

Menurutnya,  razia tersebut merupakan operasi kesiapan mudik Lebaran yang digelar ketiga selama Ramadan. Meski begitu, masih dijumpai sejumlah armada bus yang tak laik jalan. Bahkan ditemukan bus AKAP yang usianya lebih dari 25 tahun.

“Dalam aturan, seharusnya usia bus maksimal 25 tahun harus dilakukan peremajaan. Tapi ini kami temukan ada yang usianya lebih dari 26 tahu, dan belum pernah di pemakaman,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengemukakan, pada operasi kali ini petugas juga menemukan bus yang tak sesuai dengan trayek. Bus yang biasa melayani jurusan Bandung – Jepara, tapi trayek yang dikantongi Bandung – Lampung. “Selain itu juga ada bus jurusan Tasik – Jepara, namun izin trayeknya Tasik – Jogja. Ini tentu saja menyalahi aturan,” tegasnya.

Dia menambahkan, kondisi bus yang tidak sesuai trayek kemudian tak laik jalan tersebut tentu saja membahayakan penumpang. Apalagi ada beberapa bus yang diketahui kondisi fisik sudah parah seperti kondisi ban, kaca pecah, dan bus tak dilengkapi alat pemecah kaca dan racun api.

Sementara itu, salah satu sopir bus PO Suka, Dedi Nasihin mengaku, dirinya tak mengetahui jika bus yang dikemudikannya menyalahi izin trayek. Oleh pihak perusahaan, dirinya hanya disuruh menjalankan bus membawa penumpang Jepara – Tasik.“Sebelumnya saya tidak tahu kalau trayeknya ke Jogja. Saya hanya disuruh bawa ke Jepara,” akunya.

Selanjutnya, bus yang diketahui menyalahi izin trayek dan tak lain jalan langsung dikenakan tilang oleh Satlantas Polres Jepara. Jika, bus yang sama di kemudian hari masih melakukan pelanggaran yang sama, maka izin trayek terancam dicabut.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →