Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Sejumlah Bus di Blora Bahayakan Keselamatan Penumpang



   /  @ 21:15:44  /  23 Juni 2016

    Print       Email
 Sejumlah petugas sedang memeriksa kelaikan kendaraan menjelang mudik lebaran 2016 (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)


Sejumlah petugas sedang memeriksa kelaikan kendaraan menjelang mudik lebaran 2016 (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

MuriaNewsCom, Blora – Sejumlah armada bus yang terparkir di Terminal Induk Gagak Rimang Blora ternyata tak laik jalan. Hal itu terbukti setelah dilakukan operasi oleh pihak Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Satlantas Polres Blora, Kamis (23/6/2016).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas, ditemukan sejumlah kendaraan umum bus yang tidak laik jalan. Hal itu dikarenakan tidak memiliki izin trayek, memasang plat uji yang sudah tidak berlaku dan belum mengganti stiker uji yang baru. Meski demikian, semua buku uji kendaraan masing-masing kendaraan masih berlaku.

Yoko, Kepala Seksi Angkutan Jalan DPPKKI mengungkapkan, bahwa bagi sopir bus yang tidak mengantongi izin trayek ke wilayah Blora, pihaknya akan meminta kepada sopir untuk melaporkan kepada pemilik armada terlebih dahulu. “Bagi semua sopir dan awak bus juga kami kumpulkan untuk diberikan pengarahan,” kata Yoko.

Selain kelengkapan administrasi bus, kelengkapan fisik bus juga menjadi target operasi. Di antaranya kelengkapan piranti keselamatan yang ada di dalam bus. Seperti alat pemecah kaca dan pemadam kebakaran.

Sementara, Ipda Yogo Sulistyo, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Blora mengaku, bahwa pihaknya akan terus bersinergi dengan DPPKKI sebagai upaya preventif menjelang mudik lebaran. “Kami akan terus koordinasi dengan pihak DPPKKI,” kata Yogo.

Selain itu, kondisi fisik sopir dan awak bus juga mendapatkan pemeriksaan. Hal itu dilakukan dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Blora. Sopir dicek tensi darah dan tes urine. “Pemeriksaan kesehatan bagi sopir dan awak bus sebagai upaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kelalaian manusia,” ujar Yogo.

 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →