Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Masyarakat Jepara Antusias Daftar jadi Calon PPK



   /  @ 10:25:47  /  23 Juni 2016

    Print       Email

 Sejumlah masyarakat datang ke kantor KPU Jepara dan mengantre untuk mendaftarkan diri sebagai anggota PPK pada Pilbup 2017 mendatang (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)


Sejumlah masyarakat datang ke kantor KPU Jepara dan mengantre untuk mendaftarkan diri sebagai anggota PPK pada Pilbup 2017 mendatang (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Minat masyarakat Jepara untuk menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Jepara ternyata cukup tinggi. Pasalnya, sampai waktu pendaftaran hari kedua, Rabu (23/6/2016) sore kemarin, jumlah yang mendaftar untuk wilayah daratan Jepara mencapai 62 orang, dan khusus untuk Kecamatan Karimunjawa sudah ada enam orang.

Sesuai jadwal, hari ini pendaftaran untuk petugas di tingkat kecamatan itu masih tetap dibuka, sampai Sabtu (25/6/2016). Diharapkan, bagi masyarakat yang minat dan belum melakukan pendaftaran, dapat segera datang dan mendaftarkan diri.

“Kuota untuk anggota PPK seluruh Kabupaten Jepara ada 80 orang. Sebab, masing-masing kecamatan ada lima orang, sedangkan jumlah kecamatan di Jepara sebanyak 16 kecamatan,” ujar Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri.

Menurutnya, kuota tersebut harus terpenuhi sampai batas akhir pendaftaran, kemudian baru dilakukan proses berikutnya yakni tahap seleksi hingga  penetapan keanggotaan PPK di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara.

“Pembentukan badan penyelenggara ad hoc ini menjadi salah satu tugas KPU di dalam tahapan persiapan untuk Pilbup Jepara. KPU Kabupaten selaku penyelenggara Pilbup, tugas penyelenggaraannya akan dibantu PPK, PPS dan KPPS,” ungkapnya.

Pembentukan PPK, PPS dan KPPS ini, lanjut Haidar, secara umum tidak berbeda dengan pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. Syarat baru di dalam perekrutan penyelenggara di tingkat kecamatan, desa/kelurahan dan penyelenggara TPS ini adalah syarat tidak pernah menjabat dua periode. Dijelaskan, di dalam Surat Edaran KPU RI Nomor 183/KPU/IV/2015 bahwa dua kali masa jabatan itu adalah dua kali periode, yakni periode pertama terhitung sejak tahun 2005 sampai 2009, dan periode kedua terhitung sejak tahun 2010 sampai 2014.

Terkait formulir persyaratan bagi calon anggota PPK dan PPS, KPU menyediakan formulir di kantor KPU Kabupaten Jepara di Jalan Yos Sudarso Nomor 22. Formulir persyaratan  juga dapat diunduh di website KPU Jepara di www.kpujepara.go.id. Selain itu, KPU telah mendistribusikan formulir ke kecamatan, balai desa atau kelurahan se -Jepara, namun jumlahnya terbatas.“Prinsipnya pada proses pembentukan PPK maupun PPS, kami lakukan secara terbuka. Siapa saja boleh mendaftarkan diri asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta pendaftaran PPK, Abdul Ghofur, warga Desa Surodadi Kecamatan Kedung, Jepara mengaku senang mendapatkan kesempatan untuk mendaftar sebagai PPK. Dia berharap proses seleksi nanti dapat dilaluinya dengan baik sehingga lolos menjadi petugas atau anggota PPK di Kecamatan Kedung.“Tujuan dan niatnya untuk ikut serta membantu proses pesta demokrasi di Kabupaten Jepara, yakni Pemilihan Bupati 2017 nanti. Harapannya bisa lolos seleksi dengan lancar,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →