Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Biar jadi Ahli Matematika Hebat, Ini Bocorannya dari Pati



Reporter:    /  @ 18:00:38  /  22 Juni 2016

    Print       Email
Fahrur HS mengajarkan metode berhitung FEM kepada ratusan guru SD di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Fahrur HS mengajarkan metode berhitung FEM kepada ratusan guru SD di Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Master Matematika Dahsyat asal Magelang, Fahrur HS yang menemukan hampir 90 rumus matematika dunia mengajarkan metode berhitung Fun and Easy Math (FEM) kepada 700 guru di Pati. Kegiatan itu berlangsung di Gedung PGRI Pati, Rabu (22/6/2016).
Dengan menggunakan metode yang dipakai Fahrur, berhitung dalam matematika hanya butuh waktu hitungan detik, kendati hitungan angkanya begitu rumit. Misalnya, 1.197 dibagi 7, jawabannya adalah 171 yang bisa dihitung dalam waktu lima detik.

Caranya, angka 11 dibagi 7 adalah 1, sisanya 4 dipasangkan dengan 9 menjadi 49. Angka 49 dibagi 7 lagi hasilnya 7 dan angka terakhir, 7 dibagi 7 hasilnya 1. Ketiga hasil pembagian dijadikan satu, yakni 171.

Metode itu, satu di antara puluhan metode yang berhasil ditemukan Fahrur dalam berhitung matematika. “Dengan metode itu, kami berharap agar guru bisa mengubah cara pandang anak bahwa matematika itu sesuatu yang menyenangkan dan mudah,” ujar Fahrur kepada MuriaNewsCom.

Sementara itu, penggagas Workshop Matematika Dahsyat Indonesia di Pati yang juga Ketua LSM Gapura Indonesia, Utuh Nugroho Trianggoro mengatakan, guru yang hebat akan menghasilkan murid yang hebat. Hal itu yang melatari Gapura Indonesia membuat workshop tersebut.

“Kita pengen muncul ahli matematika di Pati, terutama guru yang nantinya diajarkan kepada siswa. Semoga itu bisa menjadi bekal berhitung saat ujian hingga mengikuti olimpiade matematika dunia nantinya,” tandas Utuh.

EditorĀ  :Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Merangkak Naik, Harga Beras di Kudus Tembus Rp 11.500 per Kilogram

Selengkapnya →