Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Pembentukan PPK dan PPS di Karimunjawa Dikhususkan



   /  @ 10:41:19  /  22 Juni 2016

    Print       Email
 Pendaftar PPK di Kantor KPU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)


Pendaftar PPK di Kantor KPU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara telah memulai sejumlah tahapan menuju Pemilihan Bupati (Pilbup) Jepara 2017 mendatang. Salah satunya memulai jadwal pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sejak Selasa (21/6/2016) kemarin, dan untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan dimulai pada 25 Juni mendatang. Pada pembentukan PPK dan PPS kali ini, KPU Jepara menyatakan untuk wilayah Kecamatan Karimunjawa ada pengkhususan.

Di antara pengkhususan untuk wilayah terluar Kabupaten Jepara tersebut adalah waktu. Jika di 15 kecamatan lain yang ada di daratan Jepara, jadwal pendaftaran untuk PPK dari tanggal 21 hingga 25 Juni. Sedangkan di Karimunjawa dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 24 Juni saja. Kemudian untuk pendaftaran PPS, di kecamatan lain digelar mulai 25 Juni hingga 9 Juli. Khusus Karimunjawa justru dimulai lebih awal, yakni mulai 21 hingga 28 Juni.

“Perbedaan jadwal juga pada tahapan tes tertulis untuk PPK Karimunjawa, yakni pada 28 Juni. Sedangkan di 15 kecamatan lain, tes tertulis untuk PPK dijadwalkan 30 Juni. Dalam seleksi tes tertulis untuk PPK Karimunjawa ini akan dilaksanakan di Karimunjawa,” ujar Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri.

Menurutnya, pelaksanaan tes untuk di Karimunjawa tidak dilakukan di kantor KPU layaknya 15 kecamatan lainnya. Jadwal pendaftaran di wilayah Kecamatan Karimunjawa disusun dengan mempertimbangkan akses transportasi Jepara – Karimunjawa yang tentu saja berbeda dengan wilayah kecamatan lain.

“Hal itu semata-mata dimaksudkan agar masyarakat di Karimunjawa antusias dalam pesta demokrasi Pilbup Jepara 2017 nanti. Kalau proses seleksi dilakukan di kantor KPU yang jaraknya jauh dari sana, tentu saja minat masyarakat Karimunjawa untuk menjadi PPK maupun PPS minim,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengemukakan, antusiasme masyakarat Jepara cukup tinggi pada pendaftaran PPK saat ini. Di hari pertama dibukanya pendaftaran, sudah ada 21 orang yang melakukan pendaftaran. Sampai Rabu (22//6/2016) siang ini, jumlah pendaftar terus bertambah banyak, sedikitnya ada enam orang yang tengah mengantre di kantor KPU untuk mendaftarkan diri.

“Diharapkan semua pendaftar bisa menjalani proses atau tahapan-tahapan pembentukan dengan baik. Selain itu juga diharapkan agar kuota untuk PPK maupun PPS dapat terpenuhi,” ungkapnya.

Jumlah pendaftar yang ada saat ini belum termasuk yang Kecamatan Karimunjawa. Selain itu juga belum termasuk formulir yang dititipkan di kecamatan masing-masing. Sebab, mekanismenya juga ada yang melalui kecamatan masing-masing.

Meski banyak yang mendaftar, tetapi masih ada beberapa kecamatan yang belum ada pendaftar, yakni Kecamatan Nalumsari, Mayong, dan Kota Jepara. Diharapkan jadwal yang singkat dalam pembentukan PPK maupun PPS dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Jepara.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →