Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Terisolasi, Warga Dukuh Jongso Pati Ingin Pindah jadi Warga Kudus



Reporter:    /  @ 19:58:38  /  21 Juni 2016

    Print       Email
Seorang warga naik sepeda dari Jongso, Pati hendak melintasi gapura pembatas yang sudah masuk wilayah Kudus. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Seorang warga naik sepeda dari Jongso, Pati hendak melintasi gapura pembatas yang sudah masuk wilayah Kudus. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Dukuh Jongso, Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo, Pati benar-benar terisolasi. Dukuh ini terpisah dengan Desa Wotan sepanjang delapan kilometer.

Dari Wotan, dukuh dengan 385 kepala keluarga (KK) ini terpisah dengan areal persawahan yang begitu luas. Sementara itu, bagian barat dan selatan Dukuh Jongso sudah masuk wilayah Kudus.

Untuk bertandang ke pusat pemerintahan Kabupaten Pati, warga Jongso harus menempuh perjalanan melalui Kecamatan Sukolilo hingga 50 kilometer. Kadang, warga lebih memilih lewat Kudus untuk menuju Pati ketimbang lewat Sukolilo.

Praktis, semua kegiatan warga Jongso justru lebih banyak dihabiskan di Kudus ketimbang Pati. Mulai dari sekolah, periksa kesehatan, belanja di pasar, kerja, hingga keluar untuk sekadar mencari hiburan.

Sayangnya, akses jalan menuju Kudus sangat parah. Jalan penghubung antara Dukuh Jongso, Pati menuju Kudus dipenuhi dengan lubang besar di sepanjang jalan dan penuh dengan air ketika hujan.

Tak ayal, beberapa warga setempat memilih untuk merantau ke luar negeri dan pulang untuk membeli rumah di luar Dukuh Jongso. “Bagaimana tidak ingin jadi warga Kudus, semua kehidupan kami ke Kudus semua. Kesehatan, sekolah, kerja dan semua fasilitas umum, kami ke Kudus,” ungkap Kepala Dusun Jongso, Solichan.

Kendati begitu, ia saat ini sudah bisa bernapas lega lantaran jalan penghubung Jongso dan Wotan mulai dilakukan betonisasi. “Kami hampir tidak pernah ke Pati, kecuali bila ada urusan administrasi,” pungkasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Viral, Video Polisi di Grobogan Diomeli Warga saat Melangsungkan Razia, Begini Penjelasan Kapolres

Selengkapnya →