Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

43 Calon Jemaah Haji di Jepara Gagal Berangkat Tahun ini



   /  @ 16:53:30  /  21 Juni 2016

    Print       Email
Latihan manasik haji beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom)

Latihan manasik haji beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 43 calon jemaah haji yang semestinya berangkat tahun ini dipastikan gagal, lantaran tidak melunasi biaya haji sampai batas akhir yang telah ditentukan. Hal itu disampaikan Kasi Pelaksana Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara Ali Arifin.

Menurutnya, kuota jemaah haji Kabupaten Jepara, tahun ini sebanyak 857 orang. Dari jumlah tersebut, baru 814 calon jemaah yang sudah melunasi pembayaran biaya haji. Sedangkan sisanya tidak melakukan pelunasan, sehingga terpaksa kuota bagi mereka diganti dengan calon jemaah cadangan.

“Calon jemaah haji yang sudah masuk kuota berangkat yang tidak melunasi pembayaran, maka pemberangkatannya ditunda tahun depan. Sedangkan, sisa kuota akan diisi oleh calon jemaah haji yang sudah masuk daftar tunggu pemberangkatan tahun depan,” ujar Ali Arifin, Selasa (21/6/2016).

Lebih lanjut ia menjelaskan, kuota yang kosong akibat calon jemaah tak melunasi pembayarn akan diisi calon jemaah cadangan yang sudah melakukan pelunasan pembayaran ibadah haji. Dari 43 calon jemaah haji cadangan, baru 26 orang yang sudah melakukan pelunasan pembayaran. “Kalau calon jemaah cadangan, misal tahun ini tidak melakukan pelunasan, tahun depan pasti berangkat asalkan melakukan pelunasan,” terangnya.

Dia juga mengemukakan, untuk calon jemaah haji yang masuk dalam kategori tahap dua, yaitu lansia, penggabungan suami istri anak dan orang tua, batas akhir pelunasan pembayaran ibadah haji pada 30 Juni 2016. Tahun ini, Kantor Kemenag Jepara mengusulkan 100 orang yang masuk dalam kategori tahap dua.  Namun yang lolos seleksi dari pusat hanya 35 jemaah.

 “Meski biaya haji tahun ini sama dengan tahun lalu, fasilitas akomodasi tahun ini malah bagus-bagus. Ada penambahan makan. Kalau di makan biasanya hanya mendapat jatah makan sekali, tahun ini dapat dua kali,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Ikuti perkembangan berita terbaru melalui media sosial kami :

Fanpage : Muria News Com

Twitter : @Muria News Com

Youtube : Muria Channel

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →