Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

KPU Jepara Mulai Buka Pendaftaran PPK dan PPS



   /  @ 10:48:25  /  21 Juni 2016

    Print       Email
Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri (tengah) didampingi anggota Subhan Zuhri dan Sekretaris Da'faf Ali (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri (tengah) didampingi anggota Subhan Zuhri dan Sekretaris Da’faf Ali (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mulai membuka tahap pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) 2017 mendatang. Sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2016, pendaftaran dimulai hari ini, Selasa 21 Juni 2016.

Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri menjelaskan, pihaknya telah membuat jadwal lebih rinci terkait bentukan badan ad hoc ini. Di mana, pendaftaran untuk PPK akan dimulai 21 sampai 25 Juni untuk semua kecamatan yang ada di Kota Ukir, kecuali Kecamatan Karimunjawa.

Sedangkan untuk pendaftaran PPS di 15 kecamatan, jadwal pendaftaran dimulai 25 Juni sampai 9 Juli. Sedangkan untuk Karimunjawa, pendaftaran PPS dimulai 21 sampai 28 Juni. Perbedaan jadwal juga pada tahapan tes tertulis untuk PPK Karimunjawa yakni pada 28 Juni. Sedangkan di 15 kecamatan lain, tes tertulis untuk PPK dijadwalkan 30 Juni. Dalam seleksi tes tertulis untuk PPK Karimunjawa ini akan dilaksanakan di Karimunjawa.

“Khusus pendaftaran PPK dan PPS di wilayah Kecamatan Karimunjawa, KPU telah membuat jadwal tersendiri. Jadwal pendaftaran di wilayah Kecamatan Karimunjawa disusun dengan mempertimbangkan akses trasnportasi Jepara – Karimunjawa yang tentu saja berbeda dengan wilayah kecamatan lain,” ujar Ketua KPU Jepara M Haidar Fitri.

Menurutnya, Pembentukan badan penyelenggara ad hoc ini menjadi salah satu tugas KPU di dalam tahapan persiapan untuk Pilbup Jepara. KPU Kabupaten selaku penyelenggara Pilbup tugas penyelenggaraannya akan dibantu PPK, PPS dan KPPS.

Pembentukan PPK, PPS dan KPPS ini, secara umum tidak berbeda dengan pelaksanaan Pemilu-Pemilu sebelumnya. Syarat baru di dalam perekrutan penyelenggara di tingkat kecamatan, desa/kelurahan dan penyelenggara TPS ini adalah syarat tidak pernah menjabat dua kali periode. Dijelaskan, di dalam Surat Edaran KPU RI Nomor 183/KPU/IV/2015 bahwa dua kali masa jabatan itu adalah dua kali periode, di mana periode pertama terhitung sejak tahun 2005 sampai 2009, dan periode kedua terhitung sejak tahun 2010 sampai 2014.

Perbedaan lain adalah di dalam pembentukan PPS dan KPPS. Bahwa dijelaskan di dalam SE KPU RI Nomor 324/KPU/VI/2016 baik pembentukan PPK maupun PPS dan KPPS, KPU harus melakukan pengumuman secara terbuka yang dapat diakses publik. Oleh karena itu, saat ini, ada kewajiban bagi petinggi atau lurah bersama BPD atau LPMK sebelum menyampaikan usulan calon angota PPS kepada KPU untuk mengumumkan secara terbuka terkait pendaftaran calon anggota PPS.

KPU Jepara jauh-jauh hari sudah berkirim surat kepada seluruh petinggi atau lurah se -Jepara, terkait kewajiban pengumuman secara terbuka pendaftaran calon anggota PPS tersebut. Dengan demikian, siapapun yang memenuhi persyaratan dapat mendaftarkan diri sebagai anggota PPS melalui pemerintah desa atau kelurahan setempat.

Terkait formulir persyaratan bagi calon anggota PPK dan PPS, KPU menyediakan formulirnya di kantor KPU Kabupaten Jepara di Jalan Yos Sudarso Nomor 22. Formulir persyaratan  juga dapat diunduh di website KPU Jepara di www.kpujepara.go.id. Selain itu, KPU telah mendistribusikan formlir ke kecamatan, balai desa atau kelurahan se Jepara, namun jumlahnya terbatas.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →