Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Ada Jukir Nakal? Lawan Saja



Reporter:    /  @ 17:23:20  /  20 Juni 2016

    Print       Email
Salah satu lokasi parkir di Kudus. Jelang lebaran ini cukup banyak muncul lokasi parkir liar (MuriaNewsCom)

Salah satu lokasi parkir di Kudus. Jelang lebaran ini cukup banyak muncul lokasi parkir liar (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Mendekati lebaran seperti saat ini, biasanya banyak muncul parkir tiban atau parkir liar yang berada di sekitar pusat perbelanjaan. Tak jarang, keberadaan parkir liar tersebut terkadang justru merugikan pengunjung.Untuk di Kudus sendiri, parkir-parkir liar tersebut biasanya muncul di beberapa titik, di antaranya Mall Matahari atau KEM, Ramayana dan Pasar  Kliwon.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kudus Didik Sugiharto mengimbau, ketika masyarakat menemui juru parkir nakal, yang menarik restribusi tidak sesuai agar tidak usah membayar.

“Lawan saja, kalau tidak tidak sesuai Perda, berarti sudah menyalahi aturan. Dalam Perda Nomor 8 dan 9 tahun 2011 sudah jelas, biaya parkir tepi jalan umum Rp 500 untuk sepeda motor, mobil kecil Rp 1.000 dan mobil tanggung Rp 1.500. Tidak lebih,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Selain itu,banyaknya parkir liar tersebut, juru parkir juga tidak menunjukkan karcis retribusi. Padahal, karcis itulah yang dijadikan laporan kepada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Kudus. Karcis itu juga menjadi hak konsumen.

Namun, kenyataannya praktik di lapangan berbeda. Katanya, banyak sekali pengunjung yang tidak diberikan karcis parkir oleh jasa parkir. Dengan demikian banyak masyarakat yang tidak tahu berapa tariff parkir sebenarnya.”Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat supaya melawan mereka. Kalau perlu tidak usah membayar, kalau memang tidak sesuai Perda. Ngotot tidak apa-apa,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Viral, Video Polisi di Grobogan Diomeli Warga saat Melangsungkan Razia, Begini Penjelasan Kapolres

Selengkapnya →