Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Meski Sebagian Ditolak, Distanak Jepara Optimistis Gabah Petani Dapat Terserap Bulog Sesuai Target



   /  @ 12:17:47  /  20 Juni 2016

    Print       Email
Beberapa petani di Jepara sedang melakukan panen padi (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Beberapa petani di Jepara sedang melakukan panen padi (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Meskipun tak semua hasil panen petani di Kabupaten Jepara diterima oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Jepara tetap optimistis bisa mencapai target jumlah gabah yang mampu terserap oleh Bulog.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Jepara Wasiyanto menjelaskan, target gabah yang bisa diserap oleh Bulog tahun ini optimistis bisa terpenuhi. Sebab dari 43 ribu hektare lebih lahan yang ditanami padi pada musim tanam (MT-II) ini, baru dipanen sebanyak 25.249 hektare atau sebanya 56,5 persen.“Masih ada banyak yang belum dipanen untuk MT-II ini. Hampir separuh yang belum dipanen. Kami tetap optimis kalau target bisa dipenuhi,” ujar Wasiyanto, Senin (20/6/2016).

Menurutnya, meski begitu, mengingatkan jika penyerapan gabah dari petani di panen MT-II akan lebih sulit. Sebab dari siklus yang ada, gabah pada MT-II harganya lebih mahal dari harga pada MT-I.“Saat panen MT-II, tengkulak mau membeli gabah petani lebih tinggi. Sedangkan dari Bulog patokan harganya Rp 3.700 dan tidak bisa diubah, sebab berdasarkan Inpress,” terangnya.

Seperti diberitakan, sedikitnya 2,5 persen gabah dari petani di Jepara ditolak Badan Urusan Logistik (Bulog). Gabah yang ditolak tersebut dinilai tidak sesuai dengan standar kualitas yang diterapkan oleh pemerintah.

“Ada standar ketat yang ada dalam Inpres Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penyerapan Gabah dan Beras Petani. Hal itu membuat tak semua hasil panen petani Jepara yang akan dijual ke Bulog bisa diterima,” ujar Kepala Perum Bulog Sub Divre II Pati, Ahmad Kholisun.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →