Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

KPU Grobogan Kembalikan Duit Rp 6 Miliar ke Kas Daerah, Ada Apa?



Reporter:    /  @ 08:41:00  /  19 Juni 2016

    Print       Email
uang-2-1

ilustrasi

 

MuriaNewsCom, Grobogan – KPU Grobogan belum lama ini mengembalikan dana sebanyak Rp 6 miliar ke kas daerah. Uang sebanyak itu ternyata merupakan sisa dana penyelenggaraan Pilkada lalu yang tidak terpakai.

Ketua KPU Grobogan Afrosin Arif menyatakan, dalam pelaksanaan pilkada yang dilangsungkan 9 Desember 2015, pihaknya menerima kucuran dana sebanyak Rp 29 miliar. Dana sebesar itu dicairkan dalam tiga tahap.

Yakni, tahap pertama Rp 5 miliar. Kemudian, tahap kedua Rp 20 miliar dan terakhir Rp 4 miliar. Dalam pelaksanaannya, dana sebesar itu hanya terpakai sekitar Rp 23 miliar.

“Dana yang terpakai untuk pelaksanaan pilkada hanya sekitar Rp 23 miliar. Jadi, sisa dana yang tidak kepakai kita kembalikan ke kas daerah,” cetusnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan pilkada lalu, ada 25.251 orang yang terlibat jadi petugas. Mulai dari staf sekretariatan, PPK, PPS, KPPS dan petugas pemutakhiran data penduduk.

Afrosin menambahkan, masih banyaknya sisa dana itu salah satunya disebabkan hanya ada dua pasangan calon saja yang jadi peserta. Hal ini menjadikan pelaksanaan pilkada hanya berlangsung satu putaran saja sehingga menghemat anggaran.

Selain sisa dana, imbuh Afrosin, pihaknya juga sudah menyetorkan kewajiban lainnya ke kas negara. Yakni, berupa setoran kewajiban pajak sebesar Rp 1,6 miliar.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →