Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Untungnya Menggiurkan, Jasa Penukaran Uang Baru di Jepara Menjamur



   /  @ 12:45:51  /  18 Juni 2016

    Print       Email

 

 Salah satu jasa penukaran uang baru di Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)


Salah satu jasa penukaran uang baru di Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

MuriaNewsCom, Jepara – Semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri, semakin banyak para penyedia jasa penukaran uang kecil di Kabupaten Jepara. Mereka yang datang dari luar kota memenuhi sejumlah titik di jalan RA Kartini. Dibanding tahun lalu, jumlah penyedia jasa ini lebih banyak.

Banyaknya penyedia jasa tersebut, dikarenakan untung yang mereka dapat saat tahun sebelumnya besar. Sehingga, mereka beranggapan penyediaan jasa penukaran uang cukup menjanjikan secara ekonomis.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Gunawan, warga asli Semarang yang mengadu nasib di Kota Ukir dengan menyediakan jasa penukaran uang. Menurut Gunawan, tahun 2015 lalu dia mengaku mendapatkan keuntungan mencapai Rp 4 juta sejak awal Ramadan hingga mendekati lebaran.

“Saya ambil untungnya sepuluh persen dari setiap penukaran uangnya. Misalnya kalau ada yang menukarkan uang Rp 200 ribu, maka saya dapat untungnya Rp 20 ribu karena konsumen bayarnya Rp 220 ribu,” ujar Gunawan kepada MuriaNewsCom, Sabtu (18/6/2016).

Menurutnya, dirinya menyediakan penukaran uang pecahan mulai Rp 2 ribu hingga Rp 20 ribu. Selama ini, dia mengaku pecahan yang paling diminati masyarakat Jepara adalah pecahan Rp 2.000 dan Rp 5.000. “Hampir setiap tahun, saya beralih profesi dari serabutan menjadi penyedia jasa penukaran uang ketika memasuki bulan Ramadan,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk menyakinkan kalau uangnya asli, dia minta kepada konsumen untuk memeriksa dulu. Selain itu, konsumen dipersilakan menghitung jumlahnya terlebih dulu sebelum meninggalkan tempat.

 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →