Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Persyaratan Jalur Perseorangan di Pilkada Dinilai Berat, Ini Kata Ketua KPU Jepara



   /  @ 16:00:17  /  16 Juni 2016

    Print       Email
 Komisioner KPU bersama dengan komisioner Panwaslu tengah berbincang di Aula Kantor KPU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)


Komisioner KPU bersama dengan komisioner Panwaslu tengah berbincang di Aula Kantor KPU Jepara (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

      MuriaNewsCom, Jepara – Syarat untuk maju sebagai pasangan calon (paslon) dari jalur perseorangan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara dinilai berat. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara Haidar Fitri mengatakan, pihaknya hanya menjalankan aturan terkait jalur perseorangan.

“Kami hanya menjalankan aturan yang telah ditetapkan dari pusat. Diharapkan bakal paslon yang melalui jalur perseorangan bisa mematuhi aturan yang ada, agar bisa menjadi paslon dan meramaikan Pilkada 2017 nanti,” ujar M Haidar kepada MuriaNewsCom, Kamis (16/6/2016).

Menurutnya, sejumlah persyaratan, seperti adanya proses verifikasi faktual, dilakukan untuk memastikan bukti dukungan paslon perseorangan riil. Meski begitu, jika ada pihak yang menilai aturan tersebut memberatkan, bisa menempuh upaya judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sebenarnya persyaratan saat ini justru lebih ringan dibanding sebelumnya. Dulu, untuk maju lewat jalur perseorangan bukti dukungannya bisa lebih dari 70 ribu fotokopi KTP, tapi sekarang hanya 63.119 buah saja,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jepara Sri Alim mengatakan, proses untuk mendapatkan e-KTP cepat dan mudah. Pembuatan e-KTP dijamin dua hari rampung dengan syarat sudah melakukan perekaman.”Ketika ada yang butuh mengganti KTP lama dengan e-KTP, silahkan saja. Proses tidak sulit,” katanya.

Baca Juga : Bakal Calon Perseorangan di Pilkada Jepara Mulai Ketar-ketir

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →