Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Bocoran Harga Sembako di Kudus pada Ramadan Pekan Kedua



Reporter:    /  @ 15:00:55  /  16 Juni 2016

    Print       Email
Salah satu pedagang kebutuhan di Pasar Bitingan Kudus sedang melayani pembeli. (MuriaNewsCom/ Edy Sutriyono)

Salah satu pedagang kebutuhan di Pasar Bitingan Kudus sedang melayani pembeli. (MuriaNewsCom/ Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Ini informasi harga sembako terbaru. Khususnya bagi ibu rumah tangga di pekan kedua Ramadan.

Dari pantauan MuriaNewsCom di lapangan, ada beberapa kebutuhan pokok saat ini yang mengalami kenaikan harga dan penurunan harga. Seperi di Pasar bitingan Kudus.

Salah satu pedagang Pasar Bitingan Kudus, Tari (30) mengatakan, saat ini harga kebutuhan pokok, khususnya sayur mayur atau keperluan dapur masih stabil. Seperti, bawang merah Rp 35 ribu per kilogram (kg), bawang putih Rp 36 ribu per kg, tomat buah Rp 12 ribu per kg, tomat sayur Rp 10 ribu per kg, wortel Rp 16 ribu per kg, dan kubis Rp 8 ribu per kg.

Sementara itu untuk kebutuhan pokok lainnya berupa gula pasir, minyak goreng dan telur juga juga masih terbilang normal. Bahkan mengalami penurunan harga

Selain sayur mayur atau kebutuhan dapur, ada juga kebutuhan lainnya yang masih stabil. Di antaranya ialah gula pasir masih dengan harganya Rp 15.500 per kg, minyak goreng curah di harga Rp 12 ribu per liter, minyak goreng kemasan berkisar Rp 13 ribu per liter. Sementara itu untuk harga telur saat ini Rp 21 ribu per kg. Sebab hari kemarin masih di harga Rp 22 ribu per kg.

Disaat terpisah, penjual daging yang berada di pasar bitingan Kudus juga mengutrakan bahwa harga kebutuhan rumah tangga hususnya daging ayam dan sapi juga msih diharga yang sama dibanding pada hari kemarin.

Penjual daging di pasar Bitingan, Rukiyah (50), mengatakan, harga daging ayam itu Rp 32 ribu per kg, daging sapi kualitas bagus Rp 105 ribu hingga Rp 110 ribu per kg.  “Harga itupun sama dengan hari Rabu (15/6/2016). Namun untuk kesesuaian harga juga tergantung dari penjualnya,” ujar Rukiyah.

Ada juga cabai rawit. Bila kemarin cabai rawit hijau bisa seharga Rp 16 ribu per kg, namun Kamis (16/6/2016) ini bisa sampai Rp 20 ribu per kg. “Harga rawit merah masih terbilang stabil yakni Rp 20 ribuan per kg,” kata  Yadi (37) penjual cabai di pasar Bitingan Kudus.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kudus Sofyan Duhri mengatakan, untuk saat ini harga sembako masih terbilang stabil. “Namun kita juga tetap akan memantau harga harga itu. Terlebih sekarang akan mendekati Lebaran. Sehingga harga di pasar satu dengan lainnya bisa signifikan,” kata Sofyan.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →