Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

KBIH Tak Ingin Jemaahnya di Pati Pisah Kloter Saat Berangkat Haji



Reporter:    /  @ 19:00:28  /  15 Juni 2016

    Print       Email
Ketua KBIH IPHI Pati Haryono menjelaskan persoalan yang dihadapi jemaah haji di Pati karena pecah kloter. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Ketua KBIH IPHI Pati Haryono menjelaskan persoalan yang dihadapi jemaah haji di Pati karena pecah kloter. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (KBIH-IPHI) Haryono mendesak Kemenag Pati bisa merealisasikan janjinya untuk tidak “memecah” anggota kelompok jemaah menjadi beberapa kloter. Sebab, hal tersebut diakui meresahkan jemaah haji yang akan berangkat pada musim haji tahun ini.
“Ada calon jemaah haji dari Tayu yang mengeluh, karena tidak bisa berangkat haji bersama orang tuanya dalam satu rombongan. Padahal, pembayarannya sama, paspor jadinya sama. Berangkatnya kok bisa dipecah, sehingga tidak bisa bersama dalam satu rombongan,” ujar Haryono kepada MuriaNewsCom, Rabu (15/6/2016).

Ia mengatakan, jemaah yang tergabung dalam satu regu atau rombongan, nantinya bisa satu pesawat, satu kamar, atau satu maktab. Sementara itu, jemaah dalam satu kloter bisa jadi beda kamar, beda kelompok, beda regu, dan beda bus.

Karena itu, ia berharap agar Kemenag yang punya kewenangan untuk mengatur masalah tersebut bisa mengupayakan penataan kembali. Hal itu diharapkan tidak memengaruhi kenyamanan calon haji saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

“Dalam satu kloter, biasanya ada 360 orang terdiri dari lima petugas dan 355 calon jemaah. Kloter bisa berubah ketika pesawatnya berubah, karena masalah teknis seperti kapasitas daya tampung yang kurang atau lebih. Kalau kendalanya ini, kami agak menyadari,” imbuhnya.

Namun, lanjut Haryono, beda lagi kalau Kemenag tiba-tiba memecah kloter tanpa alasan yang jelas. Maka, dia berharap agar Kemenag bisa menyikapi masalah tersebut dengan baik supaya calon jemaah haji tidak resah.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →