Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Kodim Laksanakan Gerakan Sejuta Jamban di Pati



Reporter:    /  @ 21:00:51  /  15 Juni 2016

    Print       Email
jamban e

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma menyerahkan kloset kepada salah satu warga Pati pada program sejuta Jamban. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Komando Distrik Militer (Kodim) 0718/Pati melaksanakan gerakan sejuta jamban di Pati, sesuai dengan program yang dicanangkan Mabes TNI AD. Di Pati, ada 432 jamban yang akan disalurkan kepada warga prasejahtera di 21 kecamatan di Pati.

Dari 432 jamban, 104 jamban ditargetkan pada program semester pertama dan kedua selama 2016, sedangkan 224 jamban di antaranya menjadi nonprogram. Anggaran untuk membeli peralatan diambil dari dukungan Komando Atas, sedangkan pengadaan kloset bekerja sama dengan pihak ketiga.

“Di Indonesia, warga yang tidak punya jamban mencapai 25 persen dari total penduduk. Artinya, 80 juta penduduk Indonesia masih belum punya jamban. Padahal, organisasi kesehatan internasional WHO merekomendasikan pembangunan sanitasi berupa jamban agar pencapaian masyarakat sehat bisa terwujud,” ujar Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma kepada MuriaNewsCom, Rabu (15/6/2016).

Berawal dari problem tersebut, kata Andri, Mabes TNI AD mencanangkan gerakan sejuta jamban di seluruh Indonesia. Di Pati sendiri, sebanyak 432 jamban siap diberikan kepada warga prasejahtera atau kurang mampu.

“Gerakan sejuta jamban bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat yang kurang mampu. Gerakan ini menjadi salah satu program di bidang Bhakti TNI kepada warga,” tuturnya.

Sampai 6 Juni 2016, sudah ada 67 jamban yang disalurkan kepada warga tidak mampu di Pati. Sisanya, sekitar 365 jamban, akan dilaksanakan sampai program selesai.

Editor : Akrom Hazami

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →