Loading...
You are here:  Home  >  Infrastruktur  >  Artikel ini

Belasan IPAL untuk Puskesmas di Kudus Mulai Dibangun



Reporter:    /  @ 14:11:19  /  15 Juni 2016

    Print       Email
Salah satu puskesmas di Kudus. Kini, IPAL untuk puskesmas di Kudus mulai dibangun (MuriaNewsCom)

Salah satu puskesmas di Kudus. Kini, IPAL untuk puskesmas di Kudus mulai dibangun (MuriaNewsCom)

     MuriaNewsCom, Kudus – Belasan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) untuk puskesmas yang ada di Kudus, kini mulai dibangun. Dari belasan IPAL yang dibangun tersebut, yakni dengan rincian, untuk 18 puskesmas dan 1 Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kudus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dokter Maryata melalui Kasi Penyehatan Lingkungan Rusiyati mengatakan, pembuatan IPAL tersebut didasarkan pada Kepmen Lingkungan Hidup (LH) Nomor 58 Tahun 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair Rumah Sakit, yang tercantum kewajiban pengelola dan penanggung jawab sarana pelayanan kesehatan.

“Selain itu juga  berdasarkan Permenkes Nomor 13 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan di Lingkungan Puskesmas. Jadi pembuatan IPAL ini memang sangatlah penting,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Rusi menerangkan, untuk di Kudus, baru satu puskesmas yang memiliki IPAL, yakni Puskesmas Rejosari, Jekulo. Sedangkan yang lainnya masih belum memiliki, sehingga dibutuhkan adanya IPAL tersebut, dan kini sedang dalam proses pembuatan.”Sekarang ini puskesmas sedang melakukan proses pembuatan IPAL yang sesuai dengan standar. Mudah-mudahan segera selesai,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata dia, sudah ada pengolahan limbah di puskesmas. Hanya, pengelolaan tersebut masih kurang memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah. Sehingga hal tersebut diperlukan IPAL yang benar-benar sesuai standar.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →