Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

10 Kesalahan Pola Makan Saat Puasa



   /  @ 13:36:30  /  15 Juni 2016

    Print       Email

MuriaNewsCom, Kudus – Beberapa orang masih melakukan pola makan yang kurang pas saat berpuasa, Padahal pola itu tidak baik bagi kesehatan.

Dikutip dari Psikologi Indonesia, berikut kesalahan pola makan tersebut :

1

  1. Banyak makan gorengan

Gorengan sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Karena makanan tersebut cukup berat dicerna lambung.

Selain itu gorengan yang mengandung banyak minyak juga dapat menyebabkan radang tenggorokan.

2

  1. Berbuka dengan minuman dingin

Minuman dingin seperti es buah, es campur, dan sejenisnya, memang nikmat diminum saat buka puasa. Tapi minuman yang terlalu dingin akan membuat kinerja lambung jadi lambat. Karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh.

3

  1. Sering minum softdrink

Softdrink dapat menguras air dalam tubuh. Pemrosesan gula yang tinggi pada softdrink membutuhkan banyak air yang ada di tubuh. Sehingga bila keseringan minum softdrink saat buka puasa atau sahur membuat tubuh Anda mudah lemas.

4

  1. Mengkonsumsi mi instan

Mi instan terbuat dari tepung. Sementara, tepung sangat mudah dicerna tubuh. Mengkonsumsi mi instan pada saat sahur, sebaiknya tidak dilakukan. Karena membuat tubuh tak bertenaga saat puasa.

5

  1. Tidak sahur

Tidak makan sahur, tubuh akan merasa lemas. Karena kekurangan cairan. Akibatnya, puasa menjadi tidak maksimal dan sulit fokus saat beraktivitas.

6

  1. Tidur setelah sahur

Langsung tidur setelah makan sahur berbahaya bagi kesehatan. Hal itu dapat menyebabkan berbagai penyakit penyakit pada tubuh Anda.

7

  1. Makan banyak saat buka puasa

Terlalu banyak makan saat buka puasa dapat menyebabkan peregangan pada lambung. Itu bisa menimbulkan mual atau sakit perut. Selain itu, makan terlalu banyak juga mengakibatkan mudah ngantuk.

8

  1. Mengonsumsi makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat menimbulkan diare. Selain itu, makanan yang terlalu pedas juga dapat merangsang kambuhnya penyakit maag. Tentunya mengganggu aktivitas puasa.

9

  1. Terlalu banyak minum kopi

Minum kopi dapat memicu naiknya asam lambung. Sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung ketika puasa. Selain itu, minum kopi juga menyebabkan sering buang air kecil. Sehingga tubuh merasa lemas saat puas.

10

  1. Kurang minum air

Berpuasa selama kurang lebih dari 12 jam memang membuat tubuh merasa lemas dan haus. Oleh sebab itu disarankan untuk minum banyak air putih untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Merangkak Naik, Harga Beras di Kudus Tembus Rp 11.500 per Kilogram

Selengkapnya →