Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Awas! Panwaslu Jepara Soroti Praktik Black Campaign



   /  @ 04:00:00  /  15 Juni 2016

    Print       Email

f-panwaslu

    MuriaNewsCom, Jepara – Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara 2017 ini, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  Kabupaten Jepara telah terbentuk. Salah satu yang menjadi sorotan dan perhatian khusus dari Panwaslu dalam mengawasi tahapan pilkada ini adalah adanya praktik black campaign.

Hal itu disampaikan Komisioner Panwaslu Jepara Muhammad Oliez. Menurutnya, potensi adanya kampanye hitam di Jepara cukup tinggi. Pihaknya mensinyalir adanya upaya penjatuhan nama baik figur atau orang yang telah mendeklarasikan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2017 mendatang.

“Potensi itu tentu saja ada. Sehingga salah satu perhatian Panwaslu Jepara dalam Pilkada 2017 nanti adanya praktik black campaign,” ujar Oliez kepada MuriaNewsCom, Selasa (14/6/2016).

Lebih lanjut dia mengemukakan,  selain adanya potensi terjadinya black campaignpihaknya juga tidak mengesampingkan adanya potensi terjadinya praktik politik uang. Untuk itu, pihaknya mewanti-wanti agar Pilkada Jepara nanti tidak terjadi politik uang.

“Seperti halnya Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, khusus untuk pelanggaran money politik yang dapat dijerat tidak hanya pemberi uangnya saja, namun juga si penerima,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hal ini tentu tidak hanya berhenti pada tindak pidana, namun juga dapat berimbas pada diskualifikasi calon yang bersangkutan. Untuk melancarkan program pengawasan tersebut, pihaknya akan dibantu oleh pengawas di tingkat kecamatan atau Panwascam.

“Saat ini kami  tengah mempersiapkan untuk membentuk Panwascam. Termasuk membuka pendaftaran anggota. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Panwascam, seperti calon anggota Panwascam juga tidak pernah menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun pada saat mendaftar,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →