Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

Ratusan Calon Jamaah Haji Pati Mengeluh



Reporter:    /  @ 21:00:26  /  14 Juni 2016

    Print       Email
haji e

Ketua KBIH IPHI Pati Haryono mengajukan surat audiensi di Kemenag Pati untuk membahas masalah jamaah yang terpecah kloter. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Ratusan calon jamaah haji di Pati mengeluh, lantaran penyusunan para anggota kelompok bimbingan KBIH IPHI terpecah menjadi beberapa kloter. Hal itu ditengarai ada permainan dari oknum Kementerian Agama (Kemenag) Pati.

“Salah satu jamaah dari Kecamatan Batangan, sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada 2 Juni dan terkover pada kloter 37. Sementara, jamaah yang pembayarannya pada 1 Juni dan paspor sudah jadi, malah tidak terkover. Padahal, sama-sama satu kecamatan,” kata Ketua KBIH IPHI Pati Haryono, Selasa (14/6/2016).

Menurutnya, bila penyusunan kloter berdasarkan passing grade, maka yang bayar lebih awal mestinya berangkat dulu. Namun, faktanya tidak demikian. Jamaah yang bayar pada 1 Juni justru tidak terkover dalam kloter 37, sedangkan jamaah yang bayar pada 2 Juni sudah terkover.

“Kalau memang tidak ada kepentingan atau permainan dalam tubuh Kemenag, idealnya jamaah yang bayar lebih dahulu yang terkover. Berarti, ada oknum-oknum dari Kemenag Pati yang perlu ditertibkan,” kata Haryono.

Akibat dari permasalahan tersebut, lanjutnya, bisa jadi yang diusulkan menjadi ketua rombongan batal. Selain itu, jamaah yang disusun regu, kemungkinan besar tidak bisa berkumpul dalam regunya.

“Yang lebih ekstrem, kemungkinan suami istri tidak bisa berkumpul dalam satu kloter. Ini ironis sekali dan membingungkan calon jamaah yang akan berangkat, karena satu keluarga tidak bisa berangkat dalam satu kloter. Masalah itu harus segera dibenahi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Pati Ahmad Mundzakir saat dihubungi enggan memberikan komentar terkait polemik tersebut. “Besok kita ada audiensi. Semua persoalan akan kami jawab besok,” kata Mundzakir, singkat.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →