Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Program City Gas Baru Bisa Direalisasikan Setelah Ini Selesai



   /  @ 18:30:10  /  14 Juni 2016

    Print       Email
Meteran jaringan gas (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Meteran jaringan gas (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

    MuriaNewsCom, Blora – Belum direalisasikannya program city gas untuk warga di Ring 1 Program Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) Blok Gundih mendapatkan tanggapan dari pihak Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) Asset 4 Field Cepu.

Agus Amperianto, Field Manager (FM) PEP Asset 4 Field Cepu mengatakan, pihaknya sampai saat ini baru akan melakukan identifikasi Hazard and Operability Study (HAZOPS), yakni sebuah standar teknik analisis bahaya yang digunakan dalam persiapan penetapan keamanan dalam sistem baru atau modifikasi untuk suatu keberadaan potensi bahaya atau masalah operabilitasnya.

“Kami akan lakukan pada 17 Juni mendatang dengan menggandeng Perusahaan Gas Negara(PGN), Ditjen Migas (Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi,” ujar Agus Amperianto kepada MuriaNewsCom.

Setelah HAZOPS-nya tuntas, kata Agus, maka prosedur gas itu mengikuti. Hal itu dikarenakan, perintah pengaliran gas dari Ditjen Migas dan SKK Migas sudah ada. “Sehingga semakin mempercepat setelah proses HAZOPS dilaksanakan,” jelas Agus.

PT PGN selaku pengelola city gas memerkirakan program awal city gas tidak bisa tepat waktu. Ada beberapa penyebab, salah satu di antaranya yakni tingginya kandungan H2S (Hidrogen Sulfida) gas dari Central Processing Plan (CPP) Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP) dan PPGJ menuju 700-800 sambungan di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora.

Program city gas sendiri tidak hanya di Desa Sumber. Tetapi beberapa desa yang lain juga diberlakukan program city gas, yakni Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan, Desa Wado, Desa Kemantren, Desa Pulo dan Desa Tanjung, Kecamatan Kedungtuban, serta Desa Kapuan, Kecamatan Cepu.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →