Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Jadwal Lomba MTQ Sukun For Education di Kudus



Reporter:    /  @ 14:00:49  /  14 Juni 2016

    Print       Email
Jpeg

Camat Gebog Saiful Huda saat membuka acara Lomba MTQ di Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Panitia lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) program Sukun For Education telah menyiapkan acara, Selasa (14/6/2016) pagi. Baik itu mulai dari tingkatan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA hingga tingkat umum.

Penanggung jawab MTQ Sukun For Education Kartono mengatakan, acara berlangsung mulai dari Rabu (15/6/2016) hingga Rabu (22/6/2016) di Masjid Taqwa beru, Gondosari, Gebog.

“Untuk lomba tingkatan SD Putri akan digelar pada Rabu (15/6/2016) pukul 13.30 WIB, sedangkan untuk tingkatan SD Putra akan dijalankan pada Kamis (16/6/2016) pukul 13.30 WIB. Selain itu untuk MI Putri akan dilaksanakan pada Jumat (17/6/2016) pukul 13.30 WIB, sedangkan MI Putra pada Sabtu (18/6/2016) pukul 13.30 WIB,” kata Kartono.

Sementara itu, untuk tingkatan SMP, SMA, SMK, MTs dan MA sederajat bakal digelar pada hari Minggu (19/6/2016) pukul 14.00 WIB.

“Setelah tingkatan pelajar sudah selasai, maka tingkatan Umum bagi usia SD atau MI (anak-anak) serta umum usia SMP atau MTs (remaja) akan dilaksanakan pada Senin (20/6/2016) pukul 14.30 WIB. Sedangkan untuk tingkatan umum dewasa akan digelar pada Selasa (21/6/2016) pukul 13.30 WIB,”  tuturnya.

Dia menambahakan,  panitia akan menghubungi pembina masing masing peserta yang masuk menjadi terbaik. Setelah serangkaian lomba MTQ selesai, maka pada Rabu (22/6/2016) akan dilakukan pawai Ta’aruf pada pukul 14.00 WIB.

Pawai tersebut untuk mengarak piala atau piagam sebelum diserahkan kepada peserta yang meraih predikat terbaik. Dilanjutkan malamnya akan ada penyerahan pengharagan oleh penyelenggara, PR Sukun Group.

Kartono mengatakan, selain piala, nantinya para peserta yang mendapatkan peringkat satu hingga tiga juga bakal diberikan piagam penghargaan. “Namun jangan khawatir, piagam penghargaan bagi peringkat satu hingga tiga bisa dijadikan fasilitas untuk mendaftar sekolah atau ke perguruan tinggi. Sebab piagam itu terdapat tanda tangan kepala dinas pendidikan, panitia dan perwakilan PR Sukun Group Kudus,” kata Kartono.

Untuk mendapatkan penghargaan itu memang harus melewati beberapa langkah dan penilaian yang telah disepakati bersama. Yakni  mulai dari peserta harus datang 15 menit sebelum lomba dimulai. Sebab waktu tersebut akan digunkan untuk daftar ulang dan mengambil nomor urut lomba. Bagi peserta tingkat pelajar maka harus menyertakan surat keterangan dari sekolah. Sedangkan untuk peserta umum, maka harus menyertakan surat keterangan desa dari desa yang ada di Kecamatan Gebog, Kaliwungu, dan Bae,” ujarnya.

Panitia akan menyiapkan delapan dewan Juri untuk menilai lomba MTQ itu. Kedelapan dewan juri itu mempunyai tugas berbeda-beda. Di antaranya dua orang untuk menilai tajwid, dua juri akan menilai lagu atau gaya, dua dewan juri akan menilai adab atau kesopanan dan yang ke dua lagi sebagai panitera maupun pengumpul nilai.

Diketahui, untuk mengikuti lomba MTQ tersebut, untuk peserta SD atau MI dipersilakan untuk memilih surat Alquran yang ada di Juz 1 hingga 10, sedangkan tingkatan SMP atau MTs akan diperkenankan melilih surat yang ada di Juz 1 hingga juz 20, tingkatan SMA memilih surat yang ada di juz 1 hingga 30.

Editor : Akrom Hazami

Baca juga :

186 Peserta Semarakkan Lomba MTQ di Kudus

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →