Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Hati-Hati, Bus Bikin Celaka Penumpang Beredar di Grobogan



Reporter:    /  @ 14:08:34  /  14 Juni 2016

    Print       Email
Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Nur Cahyo sedang memberi pengarahan pada salah satu sopir bus antarkota. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Nur Cahyo sedang memberi pengarahan pada salah satu sopir bus antarkota. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

 

MuriaNewsCom, Grobogan –  Sejumlah bus antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar kota antar provinsi (AKAP) terindikasi tidak layak jalan. Jika ketidaklaikan jalan dibiarkan terus maka akan membahayakan penumpang. Hal ini diketahui berdasarkan pengecekan yang dilakukan petugas gabungan dari Satlantas dan Dishub Grobogan di Terminal Induk Purwodadi, Selasa (14/6/2016).

Menurut Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Nur Cahyo, dari hasil pengecekan yang dilakukan di terminal, hampir 40 persen kendaraan umum dalam kondisi tidak layak jalan. Adapun penyebabnya berbeda-beda, seperti rem blong, lampu sein tidak menyala, pemakaian ban vulkanisir yang sudah halus, viper kurang berfungsi normal, ada baut roda yang hilang hingga surat kendaraan yang tidak lengkap serta tidak ada sabuk keselamatan.

“Kendaraan yang kondisinya seperti itu kita nyatakan tidak layak jalan. Kepada kru kendaraan kami beri toleransi waktu untuk memperbaiki kekurangan tersebut,” jelasnya.

Nur Cahyo menambahkan, kegiatan pengecekan kendaraan itu dilakukan untuk memberikan rasa aman masyarakat selaku pengguna kendaraan. Ia juga mengimbau kepada para pemilik armada agar memperhatikan kondisi kendaraannya secara rutin.

Sebab, kendaraan itu digunakan untuk mengangkut manusia. Sehingga kondisinya harus selalu dalam keadaan layak jalan.

“Tindakan ini kita lakukan sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan. Khususnya, kecelakaan yang melibatkan angkutan umum,” katanya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Merangkak Naik, Harga Beras di Kudus Tembus Rp 11.500 per Kilogram

Selengkapnya →