Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Hadapi Kemarau, Petani Tlogomojo Pati Simpan Hasil Panen Padi



Reporter:    /  @ 11:00:16  /  14 Juni 2016

    Print       Email
Serda Darmanto ikut membantu petani panen padi di Desa Tlogomojo, Batangan, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Serda Darmanto ikut membantu petani panen padi di Desa Tlogomojo, Batangan, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

 

MuriaNewsCom, Pati – Hasil panen sebagian besar warga Desa Tlogomojo, Kecamatan Batangan, Kudus, akan disimpan di rumah untuk cadangan kebutuhan menghadapi musim kemarau mendatang. Sebab, karakter sawah di desa tersebut bersifat tadah hujan sehingga tidak bisa ditanami pada musim kemarau.

Edi Suparjo, petani setempat kepada MuriaNewsCom, Selasa (14/6/2016) mengatakan, hasil panen di sawah miliknya seluas satu hektare akan dibawa pulang. Kemudian akan dikeringkan dan disimpan di rumah. Gabah kering panen (GKP) sebanyak 10 ton tersebut rencananya akan dikonsumsi sendiri. Beberapa di antaranya dijual untuk kebutuhan hidup pada musim kemarau mendatang.

“Sawah di sini bersifat tadah hujan, bila musim kemarau tidak bisa menanam padi karena airnya sangat sulit. Jadi, kami memanfaatkan momen hasil panen pada masa tanam kedua ini untuk cadangan kebutuhan saat musim kemarau datang,” tutur Edi.

Sementara itu, Babinsa Desa Tlogomojo Serda Darmanto saat mendampingi panen mengaku gembira dengan hasil panen Edi pada masa tanam kedua. Pasalnya, satu hektare sawah biasanya menghasilkan tujuh sampai delapan ton gabah kering panen (GKP). Namun, Edi berhasil panen padi jenis Mikongga sebanyak 10 ton per hektare.

“Kami paham kondisi petani di sini yang membawa pulang hasil panennya ke rumah. Sebab, jangankan ditanami padi, palawija saja kesulitan di tanam di sini saat musim kemarau karena memang bersifat tadah hujan,” kata Darmanto.

Kendati demikian, ia mengaku apa yang dilakukan petani sudah sangat baik karena bisa melihat kondisi pertanian di daerahnya. Upaya menyimpan hasil panen di rumah dikatakan sebagai cara untuk membuat “lumbung padi” yang pada akhirnya bisa ikut menopang ketahanan pangan.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Viral, Video Polisi di Grobogan Diomeli Warga saat Melangsungkan Razia, Begini Penjelasan Kapolres

Selengkapnya →