Loading...
You are here:  Home  >  Ekonomi  >  Artikel ini

Jasa Tukar Uang Lebaran Mulai Marak di Kudus



Reporter:    /  @ 10:52:58  /  14 Juni 2016

    Print       Email
uang e

Salah satu jasa penukar uang Lebaran berada tak jauh dari Alun-alun Kudus. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Tiga pekan menjelang hari Lebaran, penyedia jasa penukaran uang baru dan pecahan kertas mulai marak di Kudus.

Mereka beroperasi di sejumlah titik keramaian. Salah satunya di Jalan Sunan Kudus. Di lokasi itu ada sekitar 10 jasa penukar uang. Mereka memanjang dari kawasan Jalan Sunan Kudus (perempatan kojan) hingga Alun-alun Kudus.

Mereka sudah ada sejak Kamis (9/6/2016) kemarin. Seperti yang dilakukan Suminah (50) warga Pedurungan, Semarang. “Untuk jasa penukaran uang pecahan ini sudah yang keenam ini saya jalani. Yakni mulai tahun 2010 setiap menjelang Lebaran,” kata Suminah, kepada MuriaNewsCom, Selasa (14/6/2016).

Kali ini, Suminah membawa uang sekitar Rp 10 juta. Dengan uang pecahan yang dibawa, mulai dari pecahan Rp 2 ribu, hingga Rp 50 ribu.  “Dari Kamis (9/6/2016) kemarin hingga saat ini, uang pecahan yang sudah ditukar oleh konsumen ada sekitar Rp 3 juta,” tuturnya.

Untuk jasa penukaran ini, kata Suminah, setiap konsumen yang menukarkan akan dipungut 5 persen dari jumlah uang yang ditukarkan. Itu sebagai imbalannya.

“Jika ada konsumen menukarkan Rp 500 ribu, maka 5 persennya untuk jasa (imbalan). Sementara itu, untuk bonus saya didapat secara jumlah kolektif uang yang ditukar setiap harinya. Bila satu hari bisa menukarkan Rp 1 Juta, maka total persenan dari konsumen keseharian itu  dibagi dua. Yakni 2 persen untuk saya dan 3 persen untuk pemodal,” tambahnya.

Editor  : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →