Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Ini Tanggapan Pertamina Terkait Persentase Keuntungan yang Diperoleh dari Tambang Sumur Tua



   /  @ 21:30:56  /  13 Juni 2016

    Print       Email
Salah satu sumur tua di Kabupaten Blora  yang dikelola masyarakat (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

Salah satu sumur tua di Kabupaten Blora yang dikelola masyarakat (MuriaNewsCom/Rifqi Gozali)

MuriaNewsCom, Blora -Ketentuan Indonesian Crude Price (ICP) atau harga minyak mentah Indonesia bukan merupakan wewenang dari Pertamina, melainkan menjadi wewenang pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Hal ini menanggapi terkait adanya keinginan pengelola sumur tua yang menghendaki agar Pertamina tidak terlalu besar mengambil keuntungan dari produksi sumur tua yang dikelola masyarakat.

Agus Amperianto, Field Manager (FM) Pertamina Eksplorasi Produksi (PEP) Asset 4 Field Cepu mengungkapkan, bahwa pihaknya tidak memiliki hak penuh atas ICP tersebut. “Ketentuan ICP itu mejadi wewenang pemerintah. Sepenuhnya bukan menjadi wewenang Pertamina EP,” kata Agus Amperianto kepada MuriaNewsCom (13/6/2016).

Meski penentuan tarif per liter ongkos angkat angkut minyak sumur tua dinilai terlalu besar, namun hal itu merupakan ketentuan yang telah diterapkan pemerintah.“Perubahan atas ketentuan ICP 70 persen dari nilai ICP Cepu adalah formula yang harus kita terapkan terhadap pelaksanaan swakelola model yang dilakukan oleh KUD atau BUMD,” kata Agus.

Agus menambahkan, bahwa ketentuan ICP 70 persen merupakan peraturan yang termaktub dalam Permen ESDM No 1 tahun 2008, di mana pengusahaan sumur-sumur tua yang sudah tidak dikerjakan oleh Pertamina.

Sekedar diketahui, bahwa Pertamina mengambil 30 persen keuntungan dari produksi minyak dari sumur tua yang dikelola oleh masyarakat. Hal itu dinilai terlalu tinggi jika Pertamina sebagai Domestic Market Obligation (DMO).

 

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →