Loading...
You are here:  Home  >  Hukum & Kriminal  >  Artikel ini

90 Napi di Rutan Jepara Diusulkan Dapat Remisi Lebaran



   /  @ 16:30:58  /  13 Juni 2016

    Print       Email
Kepala Rutan Kelas II B Jepara, Slamet Wiryono (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

Kepala Rutan Kelas II B Jepara, Slamet Wiryono (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

 

 

    MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 90 narapidana yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Jepara diajukan mendapatkan remisi lebaran tahun ini. Dari 90 narapidana tersebut, 88 merupakan laki-laki dan hanya dua narapidana perempuan.

Kepala Rutan Kelas II B Jepara, Slamet Wiryono mengatakan, untuk remisi masih dalam proses pengusulan ke Kementerian Hukum dan HAM. Setelah diusulkan, nanti akan diturunkan Surat Keputusan (SK) berapa jumlah pastinya narapidana yang mendapatkan remisi.

“Kami hanya mengusulkan, keputusannya ada di Kemenkum dan HAM. Sampai saat ini ada sekitar 90 narapidana yang kami usulkan. Selain itu juga ada beberapa narapidana yang masih perlu mendapatkan rekomendasi dari instansi penegak hukum untuk turut diusulkan mendapatkan remisi,” ujar Slamet kepada MuriaNewsCom, Senin (13/6/2016).

Menurutnya, ada sekitar 14 narapidana khusus yang masih menunggu surat rekomendasi dari instansi penegak hukum, baik Kejaksaan Negeri (Kejari) Jepara maupun kepolisian. Ketika ke-14 narapidana tersebut sudah mendapatkan surat rekomendasi, baru diajukan untuk mendapatkan remisi.

“14 narapidana itu masuk dalam kategori yang tercantum dalam PP Nomor 99 Tahun 2012. Dalam PP tersebut dijelaskan, bahwa yang tergolong pidana khusus di antaranya narkoba dan korupsi. Tetapi di Rutan Jepara ini semua napi narkoba, hukumannya di atas lima tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemberian remisi tersebut tidak sembarangan, tetapi ada beberapa persyaratan. Salah satunya adalah telah menjalani masa kurungan di atas enam bulan dan berkelakuan baik. Itu pun tidak semua narapidana bisa mendapatkan remisi panjang.

“Beda-beda, ada yang 15 hari saja dan ada yang sampai 1,5 bulan. Itu dapat diketahui dalam SK yang nanti dikeluarkan oleh kementerian menjelang lebaran. Biasanya tiga hari sebelum lebaran, SK tersebut sudah turun,” terangnya.

Dia menambahkan, saat ini di Rutan Kelas II B Jepara ada sekitar 216 penghuni. Yang diusulkan untuk mendapatkan remisi adalah narapidana yang dinilai telah memenuhi persyaratan.

 

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →