Loading...
You are here:  Home  >  Infrastruktur  >  Artikel ini

Begini Desain Perumahan Nelayan di Kedungmalang Jepara



   /  @ 20:15:09  /  11 Juni 2016

    Print       Email
 Menteri PU dan Pera saat melakukan pencanangan perumahan nelayan di Desa Kedungmalang (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)


Menteri PU dan Pera saat melakukan pencanangan perumahan nelayan di Desa Kedungmalang (MuriaNewsCom/Wahyu Khoiruz Zaman)

   MuriaNewsCom, Jepara – April lalu beberapa menteri mendatangi Kota Ukir Jepara, salah satunya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU dan Pera) yang mencanangkan pembangunan perumahan nelayan di Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Jepara. Kini, desain perumahan nelayan tersebut tengah dimatangkan oleh pihak pemerintah, baik pemerintah pusat, kabupaten maupun desa setempat.

Wakil Bupati Jepara Subroto mengatakan, pembangunan perumahan nelayan di Desa Kedungmalang, yang menggunakan teknologi panel rumah instan,  Sederhana Sehat (RISHA) dipastiikan akan segera dimulai.

Pembangunan rumah ukuran 6 X 6 meter ini, sudah masuk tahapan penyelarasan dan sinkronisasi desain antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Kabupaten Jepara dan Pemerintah Desa Kedungmalang.“Untuk tahun 2016 ini akan dibangun 30 unit dari rencana sebanyak 174 unit. Sisanya diharapkan akan diselesaikan tahun 2017,” ujar Subroto.

Menurutnya, dari Kementerian PU dan Pera, pembangunan perumahan tersebut, teknologi yang digunakan akan sama dengan contoh yang ditunjukkan saat menteri berkunjung ke calon lokasi perumahan. Hanya, ukurannya yang berbeda, yaitu 6  X 6 meter dan dibangun di atas lahan 60 m2. Sedangkan pagu anggaran per unit dengan harga Bandung sebesar Rp 116 juta.

Pihaknya mengusulkan, agar karakteristik sosial budaya nelayan diakomodir. Salah satunya, harus ada tempat bagi nelayan untuk melakukan persiapan melaut, seperti untuk memperbaiki jaring. Selain itu juga model perumahan kopel deret, agar lahan lebih efesien. “Untuk pengurugan areal perumahan yang belum selesai, diharapkan bisa dianggarkan dalam APBD Perubahan tahun 2016,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Usai Duel, Maling di Raguklampitan Jepara jadi Bulan-bulanan Warga

Selengkapnya →