Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Tips Sehat Menjual Jajanan Sekolah di Kudus



Reporter:    /  @ 19:00:37  /  10 Juni 2016

    Print       Email
jajan sekolah e

Penjual jajanan sekolah saat melayani pembeli di Kudus. (MuriaNewsCom)

 

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Kesehatan Kudus (Dinkes) jengah dengan jajanan sekolah yang dinilai kurang menjaga kesehatan.

Karenanya, mereka akan menggelar sosialisasi tentang menjaga kesehatan dan kebersihan jajanan sekolah.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinkes Kudus Rusiyati mengatakan, sosialisasi tentang jajanan sehat akan segera digelar. Dengan pesertanya, kepala dan kantin sekolah.

“Supaya pembeli nantinya juga nyaman saat jajan di kantin sekolah tersebut,” kata Rusiyati.

Rencananya, Dinkes akan menyampaikan materi penting bagi mereka. Antara lain, bagaimana bisa menyimpan makanan dengan baik dan benar.

“Dari arahan itu di antaranya ialah satu, penjual atau pemilik kantin harus bisa menjauhkan tempat sampah dari lingkungan kantin. Supaya lalat, debu, serangga tidak mendekat ke kantin itu,” paparnya.

Kedua, yakni penjual jajanan harus bisa menggunakan penjepit makanan. Terutama saat mengambil jajan atau makanan. “Jangan sampai mengambil makanan dengan tangan telanjang,” tambahnya.

Ketiga ialah para penjual makanan harus bisa mengunakan alat-alat perabot rumah tangga. Jadi, saat melakukan proses membuat makanan, sekali lagi tidak pakai tangan telanjang.

Dalam hal ini ialah mengaduk adonan gorengan, maupun makanan yang lainnya. Keempat adalah makanan harus dikemas dengan barang yang bersih. Misal, jangan menggunakan koran atau yang lainnya.

Yang kelima ialah para penjual makanan jangan menggunakan formalin, pengawet makanan, dan pewarna makanan. Dan yang keenam ialah para penjual makanan dan minuman harus selalu membuat makanan dan minuman menggunakan air matang. “Dan jangan air mentah,” tegasnya.

Editor : Akrom Hazami

 

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Jelang Libur Akhir Tahun, Pantai Kartini Siapkan Personel Tambahan

Selengkapnya →