Loading...
You are here:  Home  >  Kesehatan  >  Artikel ini

Saat Buka Puasa, Makanan Ini Sangat Baik untuk Dikonsumsi



Reporter:    /  @ 16:45:06  /  10 Juni 2016

    Print       Email

f-makanan 2

MuriaNewsCom, Kudus – Setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk mengembalikan stamina. Terlebih, tak lama setelah berbuka juga akan melangsungkan ibadah salat tarawih. Hal itu membuat makanan yang dikonsumsi saat buka puasa harus diperhatikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Maryata mengatakan, saat berbuka, perut membutuhkan makanan yang kaya akan gizi. Meski demikian, perut yang seharian tidak diisi juga perlu dipertimbangkan agar tidak kaget.

“Pertama saat awal berbuka puasa, dianjurkan untuk mengonsumsi kurma. Karena kurma mengandung gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi,” katanya kepada MuriaNewsCom.

Kemudian, yang kedua adalah mengonsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh Anda. Sebab, pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan karbohidrat. Sehingga pas untuk berbuka.

Ketiga, konsumsi air atau jus buah ketika waktu berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk Anda, agar lancar beraktivitas esok harinya.

Selanjutnya, ketika berbuka, batasi makanan yang digoreng saat berbuka. Karena hal itu dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Sebab, seseorang cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, koroner dan hipertensi, khususnya yang berusia lanjut.”Seperti halnya bakwan, pisang goreng, tempe dan lain sebagainya, sebaiknya konsumsinya dikurangi. Terlebih mereka yang sudah usia lanjut atau tua,” ujarnya.

Kemudian, hindari terlalu banyak minum es, karena memudahkan Anda kenyang. Di mana, asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh. “Hal ini juga seperti yang diungkapkan oleh Perhimpunan Ahli Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →