Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Pati  >  Artikel ini

Kirab Salib di Pati Disambut Prosesi Adat Dayak dan Tarian Batak



Reporter:    /  @ 11:07:57  /  10 Juni 2016

    Print       Email
Peserta kirab salib Asian Youth Day di Gereja Santo Yusuf Pati disambut tarian khas Batak, usai melakukan prosesi adat Dayak. (MuriaNewsCom/Lismanto)

Peserta kirab salib Asian Youth Day di Gereja Santo Yusuf Pati disambut tarian khas Batak, usai melakukan prosesi adat Dayak. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kirab salib dalam rangka Asian Youth Day (AYD) bertema “Sukacita Injil di Tengah Masyarakat Multikultural” di Pati, Kamis (9/6/2016) malam, disambut dengan prosesi adat Dayak dan tarian khas Batak.

Puluhan peserta kirab yang datang ke Gereja Santo Yusuf, salah satunya diminta untuk melakukan prosesi potong tebu menggunakan pedang. Air hasil potongan tebu kemudian ditaruh di sejumlah gelas dan diminum bersama.

Usai melakukan prosesi adat Dayak, peserta kirab disambut tarian khas Batak, kemudian masuk dalam gereja. “Prosesi adat itu dilakukan untuk menyambut tamu dengan minum air tebu. Prosesi tersebut untuk mewakili keragaman budaya di Indonesia. Kebetulan, paroki Santo Yusuf ada sebagian umat yang dari Dayak dan Batak, sehingga bagus kalau ditampilkan,” ujar Pastur Paroki Santo Yusuf Pati, Romo Lukas Heri Purawan kepada MuriaNewsCom.

Asian Youth Day sendiri sudah diadakan seluruh orang muda Katolik se-Asia sekitar 30 tahun yang lalu dengan cara kirab salib. Saat ini, kirab salib diadakan di seluruh Indonesia dan puncaknya nanti akan digelar di Yogyakarta pada 2017.

“Salib yang dikirab ini sudah bertahun-tahun dikirab di berbagai negara di Asia, melintasi enam negara. Karena itu, umat Katolik sangat antusias menyambutnya. Meski bentuknya hanya kayu, tetapi keberadaannya bisa membakar semangat umat Katolik,” imbuhnya.

Rencananya, salib itu akan dikirab di sejumlah gereja-gereja di Pati yang jauh dari paroki. Mereka diharapkan tahu bahwa ada agenda AYD dan bisa mendengar gemanya. Pada malam Minggu besok, salib akan dibawa ke Stasi Langse, Margorejo, dilanjutkan ke Tayu dan Gabus.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Letkol Andri Serahkan “Mahkota” Kepemimpinan Kodim 0718/Pati untuk Letkol Arief

Selengkapnya →