Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Puluhan Calon Jemaah Haji di Blora Mengundurkan Diri



   /  @ 04:30:52  /  10 Juni 2016

    Print       Email
Beberapa calon jemaah haji sedang melakukan latihan manasik beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom)

Beberapa calon jemaah haji sedang melakukan latihan manasik beberapa waktu lalu (MuriaNewsCom)

 

 MuriaNewsCom, Blora – Hingga saat ini, ada 28 Calon Jemaah Haji (CJH) di Blora belum melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Sebagian dari mereka memilih mengundurkan diri dan sebagian yang lain tanpa alasan yang jelas.

Himawan, Staf Kemenag Blora menyampaikan, untuk Kabupaten Blora, tahun ini ada 512 calon jemaah haji yang bakal diberangkatkan. Namun, jumlah tersebut bukan jumlah akhir jemaah dari Blora yang bakal menunaikan haji pada tahun ini. Sebab, sampai saat ini baru ada 484 CJH yang sudah melunasi ongkos naik haji.”Jadi, masih ada 28 CJH yang belum melunasi biaya tersebut. Untuk alasannya bervariasi, paling banyak justru memilih mengundurkan diri,” katanya.

Terkait pelunasan BPIH, dia menjelaskan ada tiga tahap bagi para CJH untuk melunasi biaya tersebut. Tahap pertama, paling lambat tanggal 10 juni. Itu untuk calon jemaah reguler. Sementara tahap kedua, antara tanggal 11 hingga 20 juni, untuk jemaah manula. Hanya, untuk penyatuan mahrom ada kesalahan sistem pada pembiayaan tahap 1.

”Untuk penyatuan mahrom, contohnya ketika ada pasangan suami istri yang tidak bersamaan daftarnya otomatis berangkatnya pun di tahun yang berbeda, itu  bisa dibarengkan.Sedangkan pelunasan tahap ketiga antara tanggal 21 sampai 30 Juli. Itu pelunasan bagi yang mengalami kesalahan teknis pada tahap 2,” ungkap dia.

Ia menambahkan, mengenai pemberangkatan jumlah calon jamaah haji asal Blora harus menunggu keterangan dari Kanwil kemenag propinsi Jawa Tengah.

Editor : Kholistiono

 

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Positif  Sakit Jiwa, Pembunuh Ibu Kandung di Kudus Dibawa ke RSJ

Selengkapnya →