Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Gelombang Air Laut di Jepara Relatif Aman dan Tak Ada Rob



   /  @ 08:41:49  /  10 Juni 2016

    Print       Email
Terlihat kapal motor sedang melakukan penyeberangan di perairan laut Jepara (MuriaNewsCom/Jepara)

Terlihat kapal motor sedang melakukan penyeberangan di perairan laut Jepara (MuriaNewsCom/Jepara)

MuriaNewsCom, Jepara – Kondisi perairan di utara Jawa Tengah, Kabupaten Jepara sejauh ini masih aman. Bahkan, tidak ada tinggi gelombang hingga terjadi rob atau pasang yang berarti.

“Meskipun fenomena rob di beberapa wilayah lain, seperti di Semarang yang cukup parah, namun untuk wilayah Kabupaten Jepara masih aman. Berdasarkan pantauan dan laporan yang ada tidak ada rob,” ujar Kepala unit penyelenggara pelabuhan (UPP) Syahbandar Jepara Suripto kepada MuriaNewsCom.

Menurutnya, meski di sejumlah perairan di Laut Jawa dan Samudera Hindia mengalami gelombang tinggi, perairan Utara Jawa Tengah Jepara masih normal. Bahkan, kata dia, aktivitas penyeberangan Jepara-Karimunjawa dan nelayan masih normal.

“Tinggi gelombang di perairan Jepara ada di kisaran 0,25-1,2 meter dengan kecepatan angin 8-15 knot. Gelombang tersebut tergolong normal dan aman untuk pelayaran apapun. Baik untuk kapal penyeberangan maupun untuk aktivitas melaut bagi nelayan,” ungkapnya.

Data gelombang tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG Stasiun Maritim Semarang. Dengan kondisi tersebut, pelayaran Jepara-Karimunjawa masih berlangsung sesuai dengan jadwal reguler. Surat Persetujuan Berlayar (SPB) untuk kapal penumpang dan nelayan tetap dikeluarkan lantaran tak ada hambatan karena gelombang tinggi ataupun cuaca buruk.”Semoga kondisi ini terus bertahan sehingga Ramadan dan lebaran nanti tak terganggu gelombang tinggi,” imbuhnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Aset Milik Telkomsel Dilelang CIMB Niaga, Pemenang Lelang Layangkan Somasi

Selengkapnya →